Perhiasan Dunia Terbaik Itu Wanita Salehah

Perhiasan Dunia Terbaik Itu Wanita Salehah

Dear Muslimah, tahukah kamu bahwa kamu adalah perhiasan terbaik di dunia? Iya, Kamu. 

Perhiasan yang mewah di dunia ini banyak. Orang mungkin akan terpesona dengan emas, permata, batu mulia, intan dan  berlian. Namun ternyata semua itu tidak apa-apanya. Karena yang paling istimewa dan teramat berharga di dunia ini adalah wanita salehah.

Ini bukan sekadar pujian yang terucap untuk menghiasi bibir belaka. Namun status muslimah, wanita salehah sebagai perhiasan terbaik di dunia pernah disabdakan oleh Rasulullah saw.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ أَخْبَرَنِي شُرَحْبِيلُ بْنُ شَرِيكٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيَّ يُحَدِّثُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Abdullah bin Numair Al Hamdani telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid telah menceritakan kepada kami Haiwah telah mengabarkan kepadaku Syurahbil bin Syarik bahwa dia pernah mendengar Abu Abdurrahman Al Hubuli telah bercerita dari Abdullah bin ‘umar bahwasannya Rasulullah saw bersabda: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

Berkaitan dengan hadis di atas, Imam Suyuthi dalam syarahnya menjelaskan tentang pengertian dunia adalah perhiasan maksudnya adalah sesuatu yang dengannya bisa dinikmati setiap waktu. 

Imam Qurthubi menjelaskan tentang kriteria wanita shalehah berkata, yaitu mampu membahagiakan suami ketika di lihat. Ketika suami memberinya perintah, dia mentaatinya. Kemudian ketika suaminya tengah pergi, dia bisa menjaga dirinya dan harta suaminya.

Dengan kriteria di atas, siapa yang tak bahagia memilih istri salehah. Suami akan merasa tenang ketika meninggalkan rumah lantaran istrinya mumpuni dan bisa diandalkan untuk mendidik dan menjaga anak-anak, menjaga rumah dan segala isi rumahnya. 

Di zaman saat ini, wanita salehah mungkin terbilang langka, namun sungguh kehadirannya sangat berharga. Untuk memiliki predikat salehah, seorang muslimah tak bisa mendapatkannya secara cuma-cuma. Dia harus membayarnya dengan segala upaya dan pengorbanan. 

Terlebih saat sekarang, fitnah dan godaan makin kencang. Dan hanya muslimah yang tangguh, kuat dan istikamah saja yang bisa lulus dengan gemilang. Seorang istri salehah mesti mendampingi dan terus mendukung suaminya dalam berjuang di jalan Allah. Bahkan ketika suaminya terjatuh, dia harus mampu membuat suaminya bangkit.   Muslimah salehah harus meneduhkan jika suami sedang punya masalah. Dia mempunyai wawasan yang cemerlang sehingga pandai mengatur keuangan keluarga, jadi ‘dokter plus psikolog’ keluarga, sehingga anak dan suaminya tetap sehat secara fisik dan psikologis. Keluarganya pun menjadi keluarga idaman dan bahagia.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart