Cara Merawat Gamis Sesuai Bahannya

Cara Merawat Gamis Sesuai Bahannya

Muslimah, pernahkah kamu membeli gamis, namun baru beberapa kali dicuci dan dipakai warnanya sudah memudar atau kainnya rusak? Jika iya, itu bisa jadi salah satu faktornya adalah perawatannya yang tidak tepat. Bisa juga karena detergen yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kain gamis yang kita punya.

Dalam merawat gamis, yang harus diperhatikan adalah teknik mencucinya. Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum mencuci adalah memisahkan baju berwarna putih dengan baju berwarna lainnya.

Selain itu, yang harus kita perhatikan dalam mencuci gamis yaitu mengenali jenis kain pada gamis yang akan dicuci. Oleh karena itu,  RieNan berikan beberapa cara merawat gamis yang sesuai dengan bahannya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1.    Katun

Bagi kalian yang gemar memakai gamis pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kain yang satu ini. Yap, karena kain katun ini memang material yang paling sering dijadikan gamis. Kepopuleran kain ini tak lain karena sifat bahannya yang tahan lama dan mudah untuk dicuci serta cepat kering.

Tak hanya itu, kain katun juga bisa dicuci di mesin cuci. Namun, jangan sekali-kali menggunakan pemutih ketika mencuci pada kain jenis ini, kecuali kain memang berwarna putih. Sebab, penggunaan pemutih pada katun berwarna dapat menyebabkan warnanya menjadi luntur.

2.    Linen

Sama halnya dengan katun, jenis kain ini juga dapat dicuci di mesin cuci. Namun, karena sifat kain linen lebih mudah kusut dibandingkan dengan kain katun, sehingga kamu disarankan untuk tidak mengeringkannya di mesin cuci. Jika tidak maka kain linen akan sangat sulit untuk disetrika.

3.    Poliester

Cara merawat dan mencuci kain jenis ini tidak sulit sama halnya dengan kain katun. Namun, kain jenis ini juga mudah kusut dan sulit disetrika. Kamu juga harus menggunakan detergen dengan berbahan ringan untuk mencegah kain mudah rusak setelah beberapa kali dicuci.

4.    Rayon

Muslimah, kain rayon ini merupakan jenis kain yang mudah rusak jika sering dicuci. Sehingga disarankan untuk menggunakan tangan ketika mencucinya. Tak hanya itu, kamu juga harus menggunakan detergen dengan bahan-bahan ringan untuk mencegah kain ini mudah rusak.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart