Bolehkan Muslimah Berhias Saat Keluar Rumah?

Bolehkan Muslimah Berhias Saat Keluar Rumah?

Kedudukan wanita dalam Islam sangat dimuliakan Allah Swt. Oleh sebab itu Islam disebut rahmatan lil alamin. Datangnya Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam ini, juga telah menjadikan diangkatnya derajat seorang wanita. 

Islam memandang wanita sebagai makhluk yang sangat istimewa, bahkan keistimewaannya itu Allah abadikan dalam Alquran dengan turunnya Surah Annisa yang berarti wanita. 

Keistimewaaan wanita dalam Islam dapat kita lihat dari banyaknya syariat yang Allah berikan kepada wanita, seperti perintah memakai jilbab, khimar, dan sebagainya. Syariat tersebut semata-mata Allah berikan sebagai bentuk penjagaan Allah kepada makhluk yang istimewa tersebut.

No Tabarruj

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda: “Wanita adalah aurat. Apabila dia keluar rumah, setan akan terus mengikutinya” (HR. Tirmidzi no. 1173). Oleh karena itu, wanita lebih baik berdiam diri di rumah. 

Namun seiring perkembangan zaman, banyak wanita sekarang yang lebih sering berada di luar rumah. Terkait hal ini, Allah telah memberikan syariat-Nya untuk dilakukan seorang wanita ketika keluar rumah. 

Salah satunya adalah adanya larangan untuk ber-tabarruj (berhias). Hal ini memunculkan banyak pertanyaan di kalangan para wanita, bolehkah wanita berhias ketika keluar rumah? Jika kita ingat lagi, Allah sendiri menyukai keindahan.

Kebolehan wanita berhias ketika keluar rumah, sebenarnya harus dilihat terlebih dahulu tujuan dari wanita tersebut berhias. Jika tujuan dari wanita itu berhias karena ingin memantaskan diri, seperti ingin kelihatan rapi dan supaya tidak tercium bau tidak sedap dari badannya, itu diperbolehkan karena Allah menyukai keindahan. 

Jika berhias juga tujuannya ingin kelihatan bersih, itu juga diperbolehkan karena ada sebuah pepatah yang mengatakan “Kebersihan itu sebagian dari iman” dan tentunya Rasulullah juga sangat menyukai kebersihan.

Ketidakbolehan perempuan berhias ketika keluar rumah, yaitu manakala tujuan ia berhias adalah ingin menjadi pusat perhatian, ingin dipuji dan dikagumi lawan jenis, serta ingin terlihat eksis di khalayak umum, hal itu tentu saja sangat diharamkan. Berhias karena hal-hal seperti itu diharamkan sebab dapat dipastikan wanita tersebut akan berdandan semenarik mungkin, sehingga hal tersebut disebut tabarruj. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart