Tips Aman dan Nyaman Bersepeda Motor Bagi Muslimah

Tips Aman dan Nyaman Bersepeda Motor Bagi Muslimah

Dear Muslimah, kewajiban menutup aurat dengang mengenakan gamis dan kerudung bagimu memang selamanya berlaku di tempat umum, termasuk saat berkendara menggunakan sepeda motor. 

Di antara kamu mungkin terkadang lupa, bahwa selain memperhatikan tertutupnya aurat, saat bersepeda motor pun kenyamanan dan keamanan tetap harus diperhatikan. Jangan sampai, karena kamu melalaikan keamanan, kamu jadi membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. 

Di jalanan, kecelakaan bisa terjadi karena gamis tersangkut atau terlilit di komponen sepeda motor. Untuk itu, tetap perhatikan keamanan. Kali ini RieNan mau ngasih tips aman dan nyaman bersepeda motor. Tips ini RieNan olah dari dari Seva.id.

Gulung atau Selipkan Bagian Pakaian yang Menjuntai

Pastikan gamis tidak terselip pada komponen sepeda motor saat kendaraan sedang berjalan. Jika dirasa ujung pakaian yang digunakan mengganggu, kamu bisa menyiasatinya dengan menggulung atau mendudukinya. Hal ini dilakukan demi menghindari terlilitnya ujung pakaian ke jari-jari, rantai, atau komponen sepeda motor lainnya.

Karenanya, supaya saat menggulung tidak tersingkap aurat, pastikan mihnah yang kamu kenakan masih bisa menutupi bagian tubuhmu. Jangan lupa kaus kaki tetap dikenakan supaya aurat bagian kaki tidak tersingkap. 

Gunakan Mihnah dan Pakaian Tertutup Lain 

Kenakan mihnah dan pakaian tertutup lainnya yang dapat menunjang pergerakanmu, seperti celana panjang atau jaket. Ini tentunya harus membuatmu nyaman dan dapat menutup tubuh dengan baik. Jangan sampai pakaian pengganti ini membuatmu risih, walaupun sudah sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan Laju Kendaraan

Saat berkendara, tetap laju kendaraan kita. Kecepatan laju kendaraan harus disesuaikan dengan keadaan di jalan. Lajukan sepeda motor dengan kecepatan yang sesuai dan masih dapat ditangani jika harus melakukan manuver atau rem mendadak.

Pahami Etika Berkendara

Hindari perilaku yang dapat mengganggu pengendara lainnya, seperti salip-menyalip yang tidak beraturan. Saat kamu ingin berbelok, pastikan kamu melirik kaca spion dan memberikan tanda lampu sein, untuk memastikan keberadaan kendaraan di samping dan belakang Anda. 

Kamu juga bisa mengecek kondisi gamis yang kamu kenakan. Jika tertiup angin dan mengganggu konsentrasi, lebih baik menepi terlebih dahulu dan membetulkannya. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart