Sabun yang Cocok untuk Mencuci Gamis

Sabun yang Cocok untuk Mencuci Gamis

Mencuci merupakan kegiatan rumah yang sering kali kita lakukan. Tak hanya itu, mencuci pakaian juga merupakan salah satu bagian dari menjaga kebersihan. Kegiatan mencuci memang tak luput dari penggunaan detergen atau sabun untuk memberikan efek bersih, mempermudah menghilangkan noda dan wangi pada pakaian.

Tanpa kita sadari, ada beberapa deterjen yang justru kurang cocok untuk digunakan pada jenis kain tertentu dan malah memberikan efek cepat rusak setelah beberapa kali melakukan proses pencucian. Supaya pakaian muslimah bisa tetap awet meski dicuci beberapa kali, berikut RieNan berikan beberapa tips memilih sabun pencuci pakaian yang cocok untuk mencuci gamis seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1.      Detergen Cair

Jika muslimah memiliki gamis berbahan chiffon, sutra, satin atau kain yang memiliki serat lebih halus, maka menggunakan detergen cair dengan komposisi ringan bisa menjadi pilihan mu. Sebab, deterjen cair berkomposisi ringan ini tak akan merusak serat pada gamis.

Selain itu, gunakan air dingin untuk merendam cucian selama beberapa menit untuk mempermudah proses pembilasan dalam menghilangkan kotoran pada kain. Penggunaan detergen cair ini juga disarankan bagi muslimah yang biasa mencuci menggunakan mesin cuci dengan tipe front loading (bukaan depan).

2.      Detergen Bubuk

Sementara itu, jika kamu memiliki gamis berbahan denim, katun atau kaus kamu bisa menggunakan detergen bubuk. Detergen bubuk memiliki alkalinitas yang rendah sehingga bisa membuat noda pada gamis mudah hilang. Tak hanya itu, penggunaan detergen bubuk pada jenis-jenis kain di atas juga bisa dibilas berkali-kali tanpa takut merusak gamis.

3.      Detergen Netral (khusus)

Gunakan detergen khusus untuk mencuci gamis dengan bahan wol dan rajut. Hal tersebut guna menjaga tekstur dan warna pada kain berbahan wol dan rajut. Tak hanya itu, detergen khusus juga telah melalui serangkaian uji coba sehingga efektif dalam mengangkat noda membandel pada jenis kain tersebut.

Kamu bisa saja menggunakan detergen bisa, hanya saja tidak untuk digunakan berulang-ulang. Sebab, jika digunakan setiap mencuci gamis dengan jenis tersebut dapat mempercepat kerusakan pada serat kain.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart