Pakaian Nyaman untuk School for Home

Pakaian Nyaman untuk School for Home

Situasi di saat wabah virus corona (COVID-19) ini membuat masyarakat terpaksa  harus melakukan semua aktivitas di rumah. Tak terkecuali kegiatan belajar mengajar alias sekolah. Bukan hanya sekolah-sekolah yang ada di Indonesia saja yang melakukan pembelajaran jarak jauh, melainkan hamper seluruh sekolah di dunia juga memberlakukan pembelajaran jarak jauh, guna tetap mentransfer ilmu dari pendidik kepada anak didiknya.  Untuk itu, konsep dan metode pembelajaran dialihkan seluruhnya pada gawai atau yang lebih dikenal dengan smartphone dan pembelajaran harus dilakukan secara online.

Langkah ini juga dilakukan guna menekan dan memutus rantai penyebaran virus corona terhadap para siswa. School for Home atau sekolah di rumah bukan berarti menjadikan kita bermalas-malasan. Walaupun kita melakukan kegiatan pembelajaran di rumah kita harus tetap bangun pagi dan mandi agar kita semangat dalam melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) daring ini.

Selain itu, banyak sekali cara agar pembelajaran yang dilakukan secara daring ini nyaman dan menyenangkan. Di antaranya yaitu dengan  mengenakan pakaian yang nyaman untuk digunakan pembelajaran daring dilaksanakan. Berikut RieNan berikan beberapa ulasan mengenai pakaian yang nyaman digunakan ketika school for home seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1.    Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup

Islam memberikan adab-adab untuk semua aktivitas yang kita lakukan, salah satu adab yang Islam berikan adalah adab ketika menuntut ilmu dengan menutup aurat. Di mana adab ini harus kita lakukan agar ilmu yang kita dapatkan berbuah berkah dan bermanfaat. Selain itu, dengan menutup aurat merupakan tanda kesiapan kita dalam menuntut ilmu serta perhargaan dan rasa penghormatan kita kepada guru.

Walaupun kita melangsungkan KBM di rumah, kita harus tetap menggunakan pakaian yang syar’I karena beberapa sebab. Pertama ditakutkan guru yang mengajar adalah laki-laki, kedua untuk menjaga kesopanan.

2.    Gunakan pakaian yang rapi dan bersih

Ketika KBM berlangsung, gunakanlah pakaian yang bersih dan rapi. Karena hal tersebut juga merupakan bagian dari memuliakan ilmu. Selain itu, juga untuk menambah nilai estetika pada diri dan sebagai wujud kesungguhan dalam menuntut ilmu. Bahkan dalam salah satu hadis Arbain disebutkan ketika Malaikat Jibril turun ke bumi untuk mengajarkan tentang Islam yang menyerupakan seorang lelaki, malaikat Jibril turun dengan mengenakan pakaian yang rapi dan tidak ada bekas perjalanan jauh.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart