Perlukah Memakai Sarung Tangan Saat Keluar Rumah Saat Pandemi Corona?

Perlukah Memakai Sarung Tangan Saat Keluar Rumah Saat Pandemi Corona?

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sering kita saksikan di media ilustrasi penggunaan sarung tangan. Apakah penggunaaan benda yang satu ini bisa membantu kita terhindar dari penularan virus Corona? 

Hati-hati lho, sebagaimana dilansir Kompas.com, ternyata pemakaian sarung tangan justru malah menambah risiko terinfeksi Covid-19. Dokter dari Zava UK, Dr. Simran Deo menuturkan, virus corona dan sejenisnya menyebar melalui tetesan air atau lendir mengandung virus yang dikeluarkan lewat batuk atau bersin. 

Tetesan yang menyebar di udara bisa menyebabkan penyebaran infeksi ketika mereka bersentuhan dengan orang lain. Sarung tangan dapat melindungi tangan kita dari kontak langsung dengan droplet (tetesan), namun droplet berpotensi tetap berada di permukaan sarung tangan. 

Bahkan, tetesan itu bertahan lebih lama di sana, apalagi jika sarung tangan tidak dicuci secara teratur. Menurut Deo, kondisi ini justru bisa meningkatkan risiko terkena virus jika kita menyentuh wajah atau makanan dengan sarung tangan tersebut. Selain itu, kita juga berisiko meneruskannya ke orang lain.

Oleh sebab itu, Deo tidak menyarankan sarung tangan dijadikan alternatif untuk sarana kebersihan yang baik. Menurutnya, mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur atau menggunakan pembersih tangan saat keluar rumah adalah cara yang jauh lebih efektif. 

Langkah itu terutama harus dilakukan setelah menggunakan transportasi umum, seperti kereta atau bus. Menurutnya, jika batuk dan bersin, sebaiknya gunakanlah tisu untuk menutupi hidung dan mulut dan buanglah segera tisu tersebut,

Sarung tangan lateks menjadi salah satu bahan yang paling dicari selain masker dan hand sanitizer di tengah pandemi corona covid-19. Sarung tangan dianggap dapat melindungi tangan saat memegang barang-barang yang diduga terpapar saat berada di ruang publik.

Hal senada juga disampaikan Dokter Spesialis Okupasi, dr Nusye Zamsiar, MS, SpOK, dikutip dari Vivanews. Dia mengatakan, memakai sarung tangan plastik untuk belanja keluar rumah bisa mencegah corona. Tapi, itu hanya mencegah kontak langsung saja.

Nusye juga menuturkan, sarung tangan juga mudah robek lantaran bahannya yang longgar dan tipis. Lalu, penggunaan sarung tangan tanpa etika seperti memegang banyak benda tanpa kebersihan justru lebih berbahaya menularkannya pada sekitar.

Ia mencontohkan orang yang memakai sarung memegang droplet mengandung virus. Lalu, juga memegang benda lain atau pintu transportasi umum maka virusnya bisa menyebar.

Ia menyarankan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Apalagi, sarung tangan lateks lebih dibutuhkan tenaga medis.

Menurut Nusye, sarung tangan lateks memang bisa cegah corona. Namun hanya diutamakan dipakai oleh petugas-petugas saja, bukan masyarakat awam.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart