Jalin Silaturahmi Virtual Saat Pandemi

Jalin Silaturahmi Virtual Saat Pandemi

Dear Muslimah, sedih memang lebaran kali ini kita tidak bisa mudik lebaran. Kita merayakan lebaran tetap di rumah dan tidak bisa leluasa melakukan silaturahmi kepada keluarga, bahkan ke tetangga pun tidak bisa seperti biasanya. 

Sekalipun demikian, kita masih bisa memanfaatkan kehilangan momen Lebaran dengan memanfaatkan teknologi. Kita masih bisa melakukan silaturahmi secara virtual atau digital. Bagaimanakah caranya?

Nah berikut ini, RieNan sajikan beberapa cara menjalin silaturahmi digital, diolah dari Antara dan berbagai sumber. 

1. Kartu Ucapan Digital

Lebaran Kartu Lebaran umumnya dikirimkan kepada relasi, teman dan saudara menjelang Lebaran. Pengiriman kartu lebaran melalui kantor pos biasanya mulai ramai dua pekan sebelum Lebaran. Pada saat pandemi seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkan kartu lebaran digital untuk mengirim ucapan hari raya kepada keluarga atau kerabat. Melalui kartu ucapan digital tersebut, Kita bisa mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan beberapa aplikasi, salah satunya Canva. Aplikasi ini menyediakan template ucapan lebaran. Kita bisa memilih template yang kita sukai.  

Setelah kita pilih kita bisa mengeditnya dengan kata-kata yang kita inginkan, lalu mendownloadnya dalam format jpeg atau pnd. Nah file yang berisi ucapan ucapan selamat lebaran dapat kita kirimkan lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, Twitter atau media sosial dan aplikasi perpesanan lainnya.

2. Stiker/GIF 

Jika kartu ucapan Lebaran dirasa terlalu kaku, Anda bisa menggunakan cara lainnya untuk bersilaturahmi adalah saling berkirim stiker maupun GIF di aplikasi pesan instan atau di media sosial. Salah satunya, lewat Instagram, Anda dapat memanfaatkan GIF yang tersedia. Cukup hanya memilih foto atau video yang kita inginkan, kemudian klik ikon GIF. Berikutnya ketik “lebaran” atau “Idul Fitri” pada kolom pencarian, untuk mendapatkan GIF dengan tema tersebut. 

Kemudian kita dapat mengunggahnya di Instagram Stories dengan menyertakan akun teman-temanmu. Kamu juga bisa menyimpannya untuk kemudian dibagikan pada obrolan grup dalam platform instan atau dikirim secara personal.

3. Video Call

Tidak ada yang menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara tatap muka. Meski saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung, Anda dapat melakukannya secara virtual dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi dan layanan dari perusahaan teknologi. Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang-orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus Corona, yang tentunya dapat dimanfaatkan saat Lebaran. 

Kita bisa menggunakan WhatsApp, Google Duo, Zoom, Messengger Facebook, atau aplikai Line. Tinggal dipilih aja sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita saat menggunakannnya.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart