Makanan Sehat untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Makanan Sehat untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat dinanti-nantikan umat Islam di seluruh dunia. Hari di mana setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, kemudian digantikan dengan kemenangan dan sukacita. Hari yang menjadi momentum kebersamaan dan ajang silaturahmi.

Setiap Hari Raya Idul Fitri sepertinya telah menjadi budaya di mana berbagai jenis makanan dan santapan berupa kue, bolu, opor, gulai, sate, ketupat dan lain sebagainya dihidangkan. Bahkan tak sedikit orang-orang yang mempersiapkan hidangan untuk hari raya ini dari jauh-jauh hari.

Meski membuat hidangan untuk Hari Raya Idul Fitri ini boleh-boleh saja, namun kita tetap harus menghindari apa-apa yang berbau berlebihan dan memubazirkan makanan. Selain itu, perlu diperhatikan pula makanan yang akan dihidangkan ketika hari raya dari segi kesehatan dan dampaknya bagi tubuh. Berikut RieNan berikan beberapa menu makanan sehat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri seperti dihimpun dari Klikdokter.

1.      Ganti Makanan Bersantan

Idul Fitri di Indonesia identik dengan ketupat dan ketupat tidak lengkap jika tidak disandingkan dengan opor atau gulai. Sementara kedua makanan tersebut, merupakan makanan yang pengolahannya menggunakan santan. Sementara santa bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Gantilah santan dengan multipurpose creamer. Dengan menggunakan creamer ini lebih sehat namun tetap memberikan kelezatan yang sama pada masakan.

2.      Hindari Jeroan

Hal kedua makanan yang harus kita hindari saat Idul Fitri adalah jeroan. Karena mengonsumsi jeroan ini sama halnya dengan mengonsumsi santan yaitu dapat meningkatkan kolesterol pada tubuh.

3.      Kurangi Makanan Manis

Pada Hari Idul Fitri, pastinya sejauh mata kita memandang, maka makanan-makanan manis akan banyak tersaji di setiap rumah. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga kesehatan pada tubuh, batasi mengonsumsi makanan manis, terutama bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

4.      Batasi Porsi Makan

Aturlah porsi makan kamu ketika lebaran, sebab tak sedikit orang yang akan lapar mata ketika melihat banyaknya makanan yang tersaji, sehingga kalap dan makan sehingga makan secara berlebihan.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart