Keutamaan Salat Idul Fitri

Keutamaan Salat Idul Fitri

Tak terasa hari ini kita sudah di penghujung akhir bulan Ramadan dan itu artinya sebentar lagi kita kan menyambut sebuah hari di mana penuh penuh kesucian yang di dalamnya, yakni Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri merupakan hari yang penuh kemenangan bagi kaum muslimin. Walaupun di negeri kita masih dalam suasana pandemi, kita harus tetap semangat menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan memaksimalkan kualitas dan kuantitas ibadah kita di detik-detik terakhir bulan yang penuh suci ini.

Berbicara tentang Hari Raya Idul Fitri kita tidak pernah lepas dari yang namanya fitrah atau suci. Sebab, makna Idul Fitri sendiri bisa diartikan kembalinya seseorang pada keadaan yang suci. Selain itu, Hari Raya Idul Fitri juga tidak lepas dari yang namanya salat Ied. Nah, jika menjelang lebaran terkadang kita sering tidak menyadari tentang keistimewaan salat Idul Fitri, bahkan kita hanya menganggap bahwa salat Idul Fitri ini sekedar salat sunnah 2 rakaat saja. Untuk menghilangkan pemikiran itu, RieNan akan bahas apa saja keutamaan salat Idul Fitri seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1.    Tanda ketaatan kita kepada Allah 

Saat kita melaksanakan salat pagi hari di Hari Raya Idul Fitri itu menunjukkan ketaatan kita kepada perintah Allah sekalipun amalan yang kita lakukan itu adalah sunah.

2.     Bukti rasa syukur kita kepada Allah

Imam Ibnu Katsir mengatakan dalam kitab tafsirnya:

“Bersyukur adalah apabila kalian melaksanakan semua perintah Allah dengan ketaatan dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban-Nya, dan meninggalkan keharaman-Nya, dan menjaga hudud-Nya (batasan batasan syariat). Maka inilah menjadi orang yang bersyukur.”

3.      Salah satu cara merayakan kemenangan umat Islam

Ketika kita melaksanakan salat Idul Fitri itu artinya kita merasa senang dengan datangnya hari kemenangan. Kita juga bisa merasakan kebahagian atas datangnya hari kemenangan ini secara bersama-bersama, di mana itu kita lakukan setelah kita selesai salat Idul Fitri.

4.      Bukti keeratan dan kekuatan ukhuwah umat Islam

Salat Idul Fitri yang biasanya dilakukan secara berjamaah di tempat terbuka itu menunjukkan bahwa umat Islam adalah umat yang ukhuwahnya erat. Hal ini juga harus dijadikan motivasi untuk kita tentang penegakkan kembali umat Islam di muka bumi ini.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart