Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah Saat Ada Wabah?

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah Saat Ada Wabah?

Idul Fitri merupakan sebuah momentum untuk meraih kemenangan bagi umat Islam. Pada hari itu takbir, tahlil, tahmid, terus diluncurkan oleh lisan umat Islam. Umat Islam sangat menantikan hari kemenangan ini. Namun, untuk tahun ini, kita dapati sebuah fakta bahwa Ramadan dan Idul Fitri sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dunia kali ini sedang dirundung sebuah ujian, yakni  wabah virus corona (COVID-19).

Nah, hal itu mengakibatkan banyak sekali orang yang bertanya-tanya bagaimana cara kita melakukan shalat idul fitri di tengah wabah ini, dan bolehkah salat Idul Fitri di rumah? Sebelum membahas ke sana. sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang hukum salat Idul Fitri itu sendiri. 

Salat Idul Fitri itu hukumnya sunah muakadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Walaupun salat ini hukumnya sunah, umat Islam sangat menyayangkan jika meninggalkan salat Idul Fitri ini karena salat ini merupakan salat yang dilaksanakan di mana umat Islam merayakan kemenangan bersama-sama dengan umat Islam lainnya di seluruh dunia. Oleh sebab itu, dalam keadaan darurat karena pandemi ini salat Idul Fitri dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah. Keadaan darurat karena wabah COVID-19 melahirkan keringanan atau rukhsah karena ada keharusan bagi kita untuk jaga jarak (physical distancing) dan menjauhi kerumunan.

Majelis Ulama Indonesia juga mengeluarkan fatwa tentang panduan kaifiat takbir dan salat Idul Fitri di saat wabah ini. MUI mengatakan bahawa kita boleh melakukan salat Idul Fitri secara berjamaah di tanah lapang, mushala, atau di tempat lainnya dengan ketentuan

Pertama, umat Islam berada di kawasan yang penyebaran COVID-19 nya menurun dan sudah adanya kebijakan pelonggaran aktivitas berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah.

Kedua, umat Islam berada di kawasan yang bebas COVID-19 dan diyakini tidak adanya penularan seperti di daerah pedesaan atau perumahan terbatas.

Sementara itu, Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam sebuah keterang yang dihimpun dari detikcom mengatakan bahwa salat Idul Fitri bisa dilaksanakan di rumah masing-masing. Sehingga hal tersebut tidak menjadikan alasan umat Islam untuk tidak melaksanakan salat Idul Fitri meski di tengah wabah.

UAS menyebutkan kutipan dari Kitab Al-Umm, yang merupakan kitab ringkasan induk Imam Syafi’i yang disampaikan oleh murid Imam Syafi’I sendiri, yakni Imam al-Muzani, bahwasannya salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah. Selain itu, UAS juga menyebutkan, dalam pelaksanaanya, salat Idul Fitri ini bisa dilakukan secara berjamaah atau munfarid (atau salat sendiri).

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart