Tadarus di Bulan Ramadan

Tadarus di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan disebut juga bulan Nuzululquran (di mana bulan diturunkannya Al-Qur’an). Dengan membaca Al-Qur’an ini, terutama di bulan Ramadan di mana memang membaca Al-Qur’an merupakan keutamaan, juga sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Tak hanya itu, hal yang memang paling dirindukan pada bulan Ramadan ini selain melaksanakan puasa selama sebulan penuh adalah salah satunya terdengarnya lantunan ayat suci Al-Quran di berbagai masjid dan rumah-rumah pada setiap harinya. Terutama di 10 hari terakhir pada bulan Ramadan.

Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berbuah pahala, tadarus Quran juga dapat memberikan ketenangan dan ketentraman pada jiwa. Berikut beberapa keutamaan tadarus Quran di bulan Ramadan seperti RieNan himpun dari berbagai sumber.

1.      Mendapat pahala yang berlipat ganda

Seperti yang kita tahu, membaca Al-Quran memberikan pahala kepda kita. Sebagimana sabda nabi yang diriwayatkan At-Tirmidzi menyebutkan bahwa siapa saja yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka sama halnya satu kebaikan baginya. Dan satu kebaikan tersebut akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Tak hanya orang yang membacanya saja, orang yang mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an juga mendapatkan pahala.

2.      Mendapat ketenangan jiwa

Salah satu keutamaan membaca Al-Quran lain yaitu, menapatkannya ketenangan jiwa, dicurahlimpahi rahmat dan disanjung oleh para malaikat.

3.      Diangkat derajat

Jika kita membaca Al-Qur’an secara tartil, maka Allah akan mengangkat derajat seseorang sampai derajat yang disamakan dengan derajat Surga.

4.      Memberikan cahaya pada hidup

Membaca Quran juga dapat memberikan cahaya pada kehidupan. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.: “Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al-Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (H.R Baihaqi)

5.      Dijauhkan dari sifat munafik

Dengan rutin membaca Al-Qur’an, maka Allah akan menjauhkan kita dari penyakit hati berupa sifat munafik. Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah saw. dalam Hadis yang diriwayatkan Bukhari no hadis 5427 dan riwayat Muslim no hadis 797.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart