Malam Lailatul Qadr

Malam Lailatul Qadr

Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Banyak keutamaan-keutamaan dan pahala yang bisa kita raih di bulan Ramadan ini. Selain itu, di bulan suci ini pula ada suatu malam di mana derajatnya sama dengan seribu bulan atau disebut Lailatul Qadar. Pada malam ini, menurut para ulama ilmu tafsir memiliki makna bahwa siapa saja yang menjalankan kebaikan dan melakukan amal ibadah, akan mendapatkan kemulian yang sama derajatnya dengan beribadah selama seribu bulan.

Tak hanya itu, di malam itu pula diturunkannya Al-Qur’an (nuzululquran) melalui pelantara malaikat Jibril. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Al-Qur’an merupakan pedoman atau petunjuk hidup bagi umat muslim. Sementara itu, dalam menentukan dan untuk mendapatkan Lailatul Qadar ini, para ulama sepakat bahwa malam Lailatul qadar bisa didapat pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Adapun RieNan telah merangkum amalan-amalan yang bisa dilakukan untuk menjemput malam Lailatul Qadar supaya dapat berjalan dengan maksimal, yaitu sebagai berikut.

1.      Iktikaf di Masjid

Pertama yaitu iktikaf di masjid dalam rangka mendapatkan ridha Allah serta bermuhasabah (introspeksi diri) serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas apa-apa yang pernah kita lakukan.

2.      Memperbanyak Salat Sunah

Selain melakukan salat wajib, untuk menjemput malam Lailatul Qadar tentunya juga harus memperbanyak melakukan amalan-amalan sunah, salah satunya dengan  melaksanakan salat sunah sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Banyak sekali salat sunah yang bisa kita laksanakan, seperti salat tahajud, salat sunah rawatib, salat sunah duha dan lain sebagainya.

3.      Tadarus Al-Quran

Bulan Ramadan disebut juga bulan Nuzululquran (diturunkannya Al-Quran). Hal yang paling dirindukan pada bulan Ramadan ini selain melaksanakan puasa selama sebulan penuh adalah salah satunya terdengarnya lantunan ayat suci Al-Quran di berbagai masjid dan rumah-rumah. Selain itu, dengan tadarus Quran juga dapat memberikan ketenangan dan ketentraman pada jiwa.

4.      Zikir dan Doa

Untuk memaksimalkan dalam meraih Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak zikir dan doa. Karena zikir dan doa merupakan salah satu bukti penghambaan kita kepada Allah Swt. dengan selalu mengingat-Nya.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart