Bersedekah di Bulan Ramadan Saat Wabah Corona

Bersedekah di Bulan Ramadan Saat Wabah Corona

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim. Meski bulan Ramadan tahun ini harus dilakukan dengan nuansa yang berbeda karena pandemi wabah virus corona (COVID-19) yang mewabah di seluruh dunia. Meski demikian, semangat dalam memupuk pahala di bulan yang suci ini harus tetap membara. Karena ladang pahala di bulan ini begitu banyak, salah satunya yaitu dengan bersedekah.

Oleh karena itu, Islam selalu menganjurkan kepada setiap umatnya untuk banyak-banyak bersedekah. Apalagi di bulan Ramadan di tengah wabah ini di mana tak sedikit orang yang kehilangan mata pencaharian, bahkan terpaksa harus diberhentikan dari pekerjaannya karena imbas dari corona. Mereka tentunya membutuhkan uluran tangan kita semua. Selain itu, bersedekah juga memiliki banyak keutamaan seperti yang telah RieNan himpun dari muslim.or.id sebagai berikut.

1.      Bersedekah dapat Menghapus Dosa

Keutamaan pertama dari bersedekah yaitu dapat menghapuskan dosa. Diampuninya dosa ini tentunya harus disertai dengan taubat kepada Allah Swt. atas dosa yang pernah kita lakukan. Tak hanya itu, bersedekah juga harus lillahi taala.

2.      Memberi Keberkahan kepada Harta

Dengan bersedekah, harta yang kita miliki akan diberkahi Allah Swt. serta terhindar dari bahaya. Meski secara perhitungan manusia harta yang kita sedekahkan berkurang, namun justru dengan bersedekah kita akan dijauhkan dari kemiskinan karena harta yang disedekahkan akan Allah ganti, plus dengan pahala yang kita dapat

3.      Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Dalam suatu hadis riwayat Bukhari no. 1421 disebutkan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir, di mana saat itu tidak ada naungan kecuali naungan dari Allah dan salah satu jenis manusia yang mendapatkan naungan tersebut yaitu orang yang bersedekah.

4.      Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan dari sedekah yang lainnya yaitu pahala yang dilipatgandakan oleh Allah Swt. sebagaimana dalam Q.S Al-Hadid ayat 18.

5.      Membebaskan dari Siksa Kubur

Dengan bersedekah di mana tangan kanannya memberi namun tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan, maka ia akan memadamkan api siksaan di alam kuburnya.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart