Tips Menyiapkan makanan Berbuka dan Sahur yang Cepat dan Sehat

Tips Menyiapkan makanan Berbuka dan Sahur yang Cepat dan Sehat

Selain diwajibkan bagi orang yang beriman dan merupakan menjadi salah satu rukun Islam ke-4, berpuasa ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa baik bagi tubuh, beberapa peneliti bahkan telah meneliti manfaat dari berpuasa, salah satunya yaitu memberikan efek baik pada usus serta dapat meningkatkan regenerasi dalam melawan berbagai penyakit di usus.

Selain itu, berpuasa juga bisa menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kesehatan dengan lebih menjaga dan mengatur pola makan kita pada jam-jam tertentu, seperti  berbuka dan sahur. Hanya saja, terkadang saat kita menyiapkan menu makanan kita tidak terlalu cermat memilih makanan terutama ketika sahur dengan alasan ingin cepat dan praktis. Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir, karena RieNan akan berbagi tips menyiapkan makanan saat berbuka dan sahur yang cepat dan sehat seperti dihimpun dari fimela.com.

1.    Siapkan Menu Selama Satu Minggu

Pertama, supaya kamu tidak bingung memilih menu apa lagi yang akan dimasak untuk berbuka dan sahur hari ini, buatlah terlebih dahulu menu selama satu minggu ke depan supaya kamu ketika akan memasak tidak bingung lagi akan memasak menu apa.

2.     Belanja untuk Satu Minggu

Kemudian, setelah membuat menu untuk satu minggu ke depan, belanjalah bahan-bahan masakan yang telah ada di menu untuk satu minggu ke depan juga. Cara ini efektif untuk mengatur uang belanja kamu dan meminimalisasi bahan-bahan dari mubazir karena tidak terpakai.

3.    Pilih Menu Praktis

Pilihlah menu makan yang lebih praktis dan mudah dilakukan. Namun, harus tetap memperhatikan dari segi kandungan nutrisinya. Misalnya memasak sayur asam, tumis bayam dan kangkung, atau sup. Bisa juga membuat masakan yang tahan lama seperti orek tempe kering, dendeng dan kentang kering. Makanan tersebut juga bisa digunakan untuk menu sahur tanpa harus repot-repot memasak dari awal.

4.    Buat Menu Makanan Berbuka dengan Porsi Lumayan Banyak

Supaya lebih praktis dan tidak repot ketika sahur, buatlah menu makanan yang lumayan banyak dan cukup untuk dimakan ketika berbuka dan sahur. Namun, tentunya kita harus memilih menu yang bisa tahan lama. Misalnya daging goreng dan olahan daging lainnya, sarden, kentang kering dan lain sebagainya. Hal ini tentunya sangat efektif dan dapat mengefisienkan waktu dan menghemat tenaga. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart