Ibadah Sunah di Bulan Ramadan

Ibadah Sunah di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti kedatangannya oleh umat Islam di seluruh dunia. Sebab, selain melaksanakan puasa sebulan penuh, di bulan Ramadan ini pula umat Islam bisa mendapatkan keberkahan dengan kesempatan menghapus dosa dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda yang bisa didapatkan dari ibadah sunah. Berikut RieNan rangkum ibadah sunah yang dapat dilakukan di bulan Ramadan seperti dihimpun dari dalamislam.com.

1.    Membaca Al-Qur’an

Amalan sunah yang biasa dan bisa kamu lakukan di bulan Ramadan yang pertama adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an ini menjadi amalan yang bisa dikategorikan khas di bulan Ramadan. Sebab, pada bulan ini kita bisa mendengar lantunan ayat suci Al-Quran hampir di setiap masjid setiap harinya.

2.      Berbuka dengan Makanan Manis

Seperti yang kita tahu, berbuka dengan makanan manis merupakan hal yang disunahkan. Seperti dalam hadis yang artinya “Rasulullah SAW berbuka dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan tamr (kurma kering), jika tidak ada tamr maka minum dengan seteguk air.” (HR Abu Daud, no 2356).

3.      Bersedekah

Amalan sunah lainnya di bulan Ramadan adalah bersedekah. Meski demikan, bersedekah ini sebenarnya bisa dilakukan di bulan dan hari manapun tak hanya bulan Ramadan. Namun, untuk menambah pahala di bulan Ramadan ini alangkah lebih baiknya kita memperbanyak sedekah yang tentunya harus dengan dasar ikhlas lillah hi taala.

4.    Makan Sahur

Amalan sunah selanjutnya yaitu makan sahur, karena makan sahur merupakan amalan yang disunahkan dan di dalamnya terdapat keberkahan. Seperti sabda nabi berikut. “Makan sahur lah kalian karena dalam sahur ada keberkahan” (HR. Bukhari, no. 1789).

5.      Shalat Tarawih

Salat Tarawih merupakan salat sunah yang hanya dikerjakan pada bulan Ramadan. Hukum salat tarawih ini yaitu sunah muakkad (sunah yang ditekankan).  Salat tarawih ini juga bisa dilakukan secara berjamaah atau munfarid (sendirian). Namun, menurut imam Syafi’I, salat tarawih ini lebih afdal jika dilakukan secara berjamaah dan ada juga sebagian yang mengatakan lebih afdal jika dilakukan secara munfarid.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart