Ibadah di Bulan Ramadan Saat Wabah Corona

Ibadah di Bulan Ramadan Saat Wabah Corona

Umat Islam di seluruh dunia tengah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun, puasa Ramadan di tahun ini tampaknya memang harus dijalankan dengan suasana yang berbeda karena dunia tengah digemparkan dengan wabah virus corona (COVID-19). Sehingga umat Islam harus beribadah seperti melaksanakan salat tarawih dan tadarus quran yang biasanya ramai-ramai dilakukan di masjid terpakasa harus dilakukan di rumah. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus corona.

Meski demikian, semangat untuk mendapatkan pahala di bulan ini harus tetap membara. Selain itu, pentingnya untuk kita selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi ini sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal. RieNan berikan beberapa kiat supaya kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, sebagai berikut.

Menjaga keseimbangan gizi

Berpuasa memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, beberapa peneliti bahkan telah meneliti manfaat dari berpuasa, salah satunya yaitu memberikan efek baik pada usus serta dapat meningkatkan regenerasi dalam melawan berbagai penyakit di usus. Meski demikian, menjaga kesemimbangan gizi dan nurtisi saat berpuasa sangatlah penting, terutama di saat pandemi ini. Karena pada kenyataannya, orang yang berpuasa terutama di awal puasa akan mengalami keluhan seperti lemas, lelah bahkan dehidrasi.

Oleh karena itu, tubuh memerlukan nutrisi dan gizi yang seimbang guna mengatasi masalah-masalah tersebut. Minumlah banyak air ketika berbuka dan sahur. Makan makanan yang bergizi, seperti memakan kurma saat berbuka. Lengkapi juga dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya. Hindari memakan gorengan dan olahan yang tinggi lemak dan gula.

Jangan Lewatkan Sahur

Hal yang tidak boleh kamu lupakan ketika berpuasa adalah sahur. Karena makan saat sahur termasuk amalan sunnah di bulan Ramadan. Sebab di dalamnya (sahur) mengandung keberkahan.

Rutin Berolahraga

Seperti yang kita ketahui, berolahraga dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Lakukan olahraga rutin di rumah minimal 5-10 menit sehari untuk menjaga supaya imunitas tubuh tetap terjaga ketika berpuasa. Disarankan untuk berolahraga beberapa menit sebelum berbuka. Karena jika dilakukan pada pagi hari ditakutkan tubuh akan mengalami kelelahan sehingga membatalkan puasa.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart