Tips Mencuci Pakaian Setelah Dipakai Keluar Rumah

Tips Mencuci Pakaian Setelah Dipakai Keluar Rumah

Virus corona (COVID-19) masih menjadi ancaman semua orang di seluruh dunia. Pemerintah dan instansi kesehatan di seluruh dunia seperti WHO mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, menerapkan pola hidup sehat dan menjaga jarak fisik atau physical distancing guna menekan penyebaran virus corona.

Selain itu, ada hal lain yang juga tidak boleh luput dari perhatian kita seperti halnya membersihkan setiap benda yang sudah dipakai dan mencuci pakaian setiap kali selesai dipakai terutama jika habis dari luar rumah. Karena virus corona dapat bertahan hidup selama beberapa jam bahkan hari di pakaian.

Oleh karena itu, RieNan merangkum tips mencuci pakaian setelah dipakai keluar rumah yang baik dan benar seperti dihimpun dari Indozone.

1.    Gunakan Air Panas

Proses mencuci pakaian di saat pandemi ini benar-benar harus diperhatikan terutama bagi masyarakat yang berada di zona merah. Gunakan air panas untuk merendam pakaian, karena virus corona tidak dapat bertahan hidup di suhu panas. Apabila menggunakan mesin cuci, suhu yang disarankan antara 248 dan 302 derajat fahrenheit. Karena suhu 167 derajat celcius dinyatakan ampuh membunuh virus yang menempel pada serat kain.

2.    Pilih Deterjen yang Mengandung Antiseptik

Kedua, pilihlah deterjen yang mengandung minyak pinus seperti Lysol Pine Action atau  deterjen yang mengandung klorin cair atau pemutih. Selain ampuh menghilangkan noda, efek pemutih juga dapat melarutkan kotoran organik hipoklorit. Bahkan cairan pemutih pun bisa dijadikan desinfektan ala rumahan.

3.    Pisahkan Cucian Orang yang Sedang Sakit

Usahakan untuk memisahkan cucian orang sehat dengan orang yang sedang sakit. Hal tersebut merupakan antisipasi untuk menghindari paparan bakteri dan virus dari tubuh orang sakit. Selain itu, setelah selesai mencuci pakaian, jangan lupa untuk mandi dan memastikan tubuhmu telah steril kembali.

4.    Gunakan Sarung Tangan

Khusus bagi kamu yang menangani cucian seseorang yang terinfeksi COVID-19, sebaiknya gunakanlah sarung tangan sekali pakai. Kemudian, semprotkan desinfektan pada permukaan yang bersentuhan dengan pakaian tersebut.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart