Masker yang Tepat untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Masker yang Tepat untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Belakangan ini semenjak mewabahnya pandemi virus corona (COVID-19), masyarakat kian sibuk mencari masker untuk melindungi diri dari virus Corona. Hal tersebut tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di seluruh dunia yang terdampak virus. Sebab, memakai masker disarankan langsung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dapat menular lewat percikan air liur dari orang yang terinfeksi, seperti batuk dan bersin. Selain itu, virus corona juga dapat menyebar di udara melalui tetesan yang tersebar, menginfeksi lewat sentuhan dengan orang yang terinfeksi seperti menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi.

Oleh karena itu, memakai masker ketika bepergian sangatlah penting. Namun, dengan banyaknya pilihan masker di pasaran bisa membuat kita bingung dalam memilih masker. Berikut RieNan uraikan jenis masker yang tepat untuk mencegah penularan virus corona seperti dihimpun dari Alodokter.

Masker kain

Pada pekan lalu, Juru Bicara Pemerintah untuk Corona, Achmad Yurianto mengumumkan supaya masyarakat di seluruh Indonesia untuk mulai menggunakan masker kain ketika harus bepergian ke luar rumah. Hal tersebut tentunya sesuai yang direkomendasikan oleh WHO, karena masker juga dapat menghalau sebagian percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin.

Masker bedah

Masker bedah adalah masker sekali pakai yang sering dijumpai dan banyak digunakan tak hanya dari tenaga medis, namun digunakan juga oleh masyarakat umum. Hanya saja, belakangan ini masker bedah sangat langka di pasaran. Sebab banyaknya masyarakat yang memburu dan membeli dalam jumlah banyak untuk stok, bahkan ada beberapa oknum yang sengaja menimbun masker jenis ini untuk meraup keuntungan sangat besar. Padahal, masker bedah ini lebih efektif dalam menghalau penyebaran virus corona.

Masker N95

Masker N95 juga dikenal jauh lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, harga masker N95 lebih mahal dari pada masker bedah dan masker kain. Masker N95 tidak hanya mampu menghalau percikan air liur, melainkan partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus.

Meskipun perlindungannya lebih baik, masker N95 tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Sebab desainnya yang ketat dapat membuat orang yang memakai kesulitan bernafas, gerah, dan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang agak lama. Oleh karena itu, masker N95 ini diutamakan untuk digunakan petugas medis yang memang melakukan kontak langsung dengan penderita COVID-19, misalnya dokter dan perawat yang bekerja di ruang isolasi khusus COVID-19 atau di IGD.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart