Menjaga Kesehatan di Rumah

Menjaga Kesehatan di Rumah

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19). Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah dan lembaga kesehatan terkait mengimbau untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, menutup mulut dan hidung ketika bersin serta batuk, menjaga kebersihan dan lain sebagainya.

Menjaga kebersihan diri harus dijalankan, supaya penyebaran penyakit termasuk COVID-19 ini bisa melambat. Sebab, di Indonesia sendiri sebanyak empat ribu lebih telah terinfeksi virus corona. Dan angka ini akan terus meningkat setiap harinya jika kita tidak mengikuti instruksi dari pemerintah dan lembaga medis termasuk dalam menjaga kebersihan rumah. 

Karena begitu pentingnya menjaga kebersihan terutama di rumah, RieNan berikan tips menjaga kebersihan rumah yang harus dilakukan seperti dihumpun dari aladokter.com sebagai berikut.

Kamar tidur

Pertama, kita harus membersihkan kamar tidur dan memastikan kamar yang kita gunakan untuk beristirahat setiap hari dalam keadaan bersih. Sebab, jika kamar tidur tidak dibersihkan secara rutin dapat menimbun debu dan memungkinkan kuman, tungau, serta jamur untuk tumbuh. Berbagai sumber penyakit juga dapat berkembang dan hidup di kasur, bantal, guling dan karpet. Oleh karena itu, rutinlah mengganti sarung bantal dan sprei minimal dua minggu sekali, untuk menghindari pertumbuhan kuman.

Kamar mandi

Kamar mandi merupakan area paling kotor di rumah. Karena suhunya relatif lembap, memungkinkan bakteri serta jamur tumbuh dan berkembang di kamar mandi. Bersihkan kamar mandi secara rutin. Untuk mengurangi beban dalam membersihkan kamar mandi, kamu bisa membersihkan sambil mandi atau mencuci pakaian.

Dapur

Tak hanya kamar mandi, dapur juga merupakan tempat yang disukai kuman untuk berkembang biak. Bersihkan spons pencuci piring, serbet, dan talenan setiap akan digunakan, sebab benda-benda tersebut lebih rawan ditumbuhi jamur dan bakteri. Selain itu,  gunakan cairan pembersih khusus untuk membasmi kuman di dapur.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart