Gejala Terkena Virus Corona

Gejala Terkena Virus Corona

Kasus corona atau COVID-19 di seluruh dunia terus meningkat per Rabu (15/04/2020) tercatat 1.999.764 orang telah terinfeksi, 126.738 di antaranya meninggal dunia. Sementara itu, di Indonesia, orang terinfeksi per Selasa (14/04/2020) terdapat penambahan sebanyak 282 kasus. Sehingga total positif berjumlah 4.839 kasus, sementara yang berhasil sembuh 426 kasus dan 459 lainnya meninggal dunia.

Dengan penyebarannya yang sangat cepat itulah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun pemerintah dan lembaga terkait telah memberikan imbauan untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19. Pemerintah telah menganjurkan untuk semua masyarakat agar tetap berada di rumah dan menjaga jarak antarwarga dengan melakukan physical distancing dan social distancing.

Sejauh ini, pemerintah dan lembaga terkait telah memberikan imbauan dan melakukan sosialisasi mengenai gejala yang muncul ketika terinfeksi COVID-19. Meski demikian, tak sedikit juga orang yang terinfeksi namun tidak menimbulkan gejala dan merasa sehat-sehat saja. Berikut RieNan rangkum gejala terinfeksi virus corona seperti dihimpun dari Cendekiapos.

1.      Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu di antara tanda terinfeksi virus corona. Hal tersebut menjadi tanda umum yang dialami ketika terinfeksi virus. Sakit kepala muncul bersamaan dengan demam yang cukup tinggi sebagai reaksi tubuh yang terinfeksi virus.

2.      Hidung beringus

Menurut WHO, salah satu gejala terinfeksi virus corona adalah hidung yang tersumbat. Namun, gejala seperti ini hanya 5% dari total orang terinfeksi virus.

3.      Batuk

Karena virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan, satu di antara penandanya adalah batuk kering yang cukup parah. Gejala dari COVID-19 mirip dengan infeksi virus pneumonia, selain itu tenggorokan akan terasa kering dan gatal.

4.      Demam

Demam ini mirip dengan demam ketika terkena influenza atau flu biasa. Namun, yang harus kamu waspadai adalah, jika suhu tubuh berada di atas 37,5 selama 14 hari berturut-turut.

5.      Kesulitan bernapas

Jika sudah bertambah parah, maka akan menyebabkan kesulitan bernapas. Karena pada dasarnya virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Sesak napas akan terjadi setelah mengalami gejala batuk yang cukup parah. Ini pertanda paru-paru kamu sedang diserang oleh virus.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart