Wabah COVID-19 di Indonesia

Wabah COVID-19 di Indonesia

Virus corona telah mewabah di lebih dari 200 negara di dunia, termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah karena infeksi virus corona (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2-SARS-CoV-2)  atau COVID-19 sebagai pandemi pada Rabu (11/03/2020) bulan lalu. 

Di Indonesia, kasus terinfeksi setiap harinya terus meningkat. Per Senin (13/04/2020) terdapat penambahan sebanyak 316 kasus terinfeksi. Sehingga total positif berjumlah 4.557 kasus, sementara yang berhasil sembuh sebanyak 380 kasus dan 399 lainnya meninggal dunia. Oleh karena itu, beberapa kota di Indonesia menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona.

Dikutip dari Cendekiapos.com, jauh sebelum memberlakukan PSBB, pemerintah sudah lebih dulu mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah (work from home) dan beribadah di rumah. Hal tersebut merupakan kebijakan yang berkaitan dengan social distancing, yakni setiap orang diharuskan menjaga jarak dengan tujuan untuk menghindari penularan virus corona yang diusung oleh WHO.

Namun, WHO menganggap istilah tersebut rupanya dianggap kurang tepat. Lantas WHO mulai mengenalkan physical distancing sebagai penggantinya. WHO menghendaki masyarakat untuk saling menjaga jarak secara fisik, namun bukan secara sosial. Oleh karena itu, menjaga jarak fisik antarsesama, sangat berperan penting dalam membantu mencegah penyebaran  COVID-19.  WHO juga menyarankan agar orang-orang menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dengan orang lain.

Di Tanah Airi Badan Intelijen Negara (BIN) memprediksi, puncak persebaran virus corona bakal terjadi pada Mei 2020. Prediksi tersebut didasarkan pada hasil simulasi pemodelan pemerintah atas data pasien COVID-19. Disebutkan, waktu puncak penyebaran COVID-19 kemungkinan terjadi antara 60–80 hari setelah kasus pertama terkonfirmasi.

Cara Pencegahan Virus Corona

  1. Bersihkan tangan dengan menggosok atau menggunakan sabun dan air berbasis alkohol,
  2. Tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu ketika batuk dan bersin,
  3. Hindari kontak langsung dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk,
  4. Jika menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, segeralah hubungi perawatan medis setempat, dan
  5. Hindari mengonsumsi olahan hewan mentah dan setengah matang.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart