Seperti Apa Gamis yang Syar’i?

Seperti Apa Gamis yang Syar’i?

Dear Muslimah, hijab syar’i tengah menjadi tren di kalangan masyarakat belakangan ini. Hampir semua kalangan masyarakat yang beragama Islam kini mulai menggunakan hijab syar’i. mereka biasanya menggunakan pakaian syar’i ketika saat perayaan hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Atau ketika menghadiri acara pengajian, kondangan dan syukuran. Namun apakah semua kalangan masyarakat tahu apa itu pakaian syar’i?

Umumnya masyarakat di Indonesia, sering kali memaknai jilbab dan kerudung itu hal yang sama. Faktanya jilbab dan kerudung memiliki makna yang berbeda. Kerudung atau khimar secara bahasa berasal dari kata khamara artinya menutupi, Allah SWT menyebutkan istilah khimar dalam Q.S An-Nur: 31. Sedangkan makna jilbab secara spesifik adalah gamis atau pakaian yang menutupi seluruh tubuh perempuan, Allah SWT juga menyebutkan kata jilbab dalam Q.S Al-Ahzab: 59.

Namun, seperti apakah ciri-ciri gamis yang syar’i itu? ReiNan akan menjelaskan ciri-ciri gamis syar’i seperti diolah dari HijabYuk, sebagai berikut.

Menutupi Aurat

Gamis yang dipakai muslimah hendaklah menutup aurat. Walaupun para ulama belum menyepakati batasan aurat itu apa-apa saja. Namun, semua ulama merujuk pada dalil yang sama di mana yang termasuk aurat adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Berbahan Tebal

Ketika memakai gamis, kita hendaknya memperhatikan material dari gamis yang kita gunakan. Pakailah gamis berbahan tebal. Hal tersebut untuk menghindari pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh dan menerawang, sehingga dapat menarik perhatian laki-laki yang bukan mahram.

Longgar

Gamis yang sesuai dengan ketentuan syariat adalah gamis yang tidak menonjolkan lekuk tubuh. Pakaian syar’i fungsinya adalah untuk melindungi kehormatan para muslimah. Jika muslimah memakai gamis yang pressbody, maka sama saja ia telah menanggalkan fungsi dari pakaian syar’i tersebut. Karena tidak dapat dikatakan berpakaian syar’i jika masih memperlihatkan lekuk dan keindahan tubuh.

Sederhana

Memakai pakaian syar’i mencerminkan citra muslimah yang shalihah. Dan muslimah yang shalihah akan menggambarkan kesederhanaan. Karena sejatinya menutup aurat selain perintah Allah SWT juga sebagai identitas seorang muslimah yang mencerminkan keimanan dan ketakwaannya kepada Rabb-nya. Sehingga gamis syar’i tak perlu berharga mahal atau dengan model yang mewah, akibatnya dapat menarik perhatian. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart