Begini Cara Menyiasati Gamis yang Cenderung Tipis

Begini Cara Menyiasati Gamis yang Cenderung Tipis

Dear Muslimah, Syariat Islam sudah mengatur bahwa pakaian yang menutup aurat bagi muslimah salah satunya adalah bahannya tidak tipis dan menerawang. Kalau gamis yang dikenakan masih tipis dan menerawang, maka sama saja jatuhnya berpakaian tetapi telanjang. Naudzubillah semoga kita dijauhkan dari hal tersebut.

idealnya mengenakan gamis itu berbahan tebal dan tidak menerawang. Namun pada kondisi tertentu, barangkali ada dari koleksi gamismu yang bahannya cenderung tipis. Sehingga saat dikenakan masih memperlihatkan warna kulit yang seharusnya tidak terlihat.

Bisa jadi mungkin saat di musim hujan, koleksi gamismu yang tebal semuanya masih belum kering, sehingga yang tersisa hanya koleksi gamisnya yang tipis dan transparan. Nah, apakah gamis tersebut masih bisa dipakai? Apakah hal tersebut bisa disiasati? Nah kali ini RieNan bakal kasih tipsnya ya. 

Mihnah yang longgar dan tebal

Sekalipun saat mengenakan gamis yang ideal, yaitu tebal dan tidak menerawang, muslimah tetap mengenakan mihnah atau pakaian dalaman. Mihnah ini bebas asalkan dapat menutupi aurat muslimah. Nah, kalau kasusnya baju gamismu tipis menerawang, tentu mihnah yang kamu pakai harus yang lebih tebal, longgar dan tidak membentuk lekuk tubuhmu. Dengang begitu, gamis yang tipis dan menerawang bisa terhalangi oleh mihnahmu yang tebal.

Gunakan baju manset 

Namun pastikan pula baju manset tidak memperlihat bentuk tubuh dan warna kulitmu. Kalau masih terjadi ya sama saja bohong. Auratmu jadi tetap tak tertutupi secara sempurna. 

Pakailah jaket yang lebar

Mengenakan jaket pastinya lebih aman. Gamismu yang tipis akan tertutupi. Akan lebih bagus jika jaketnya yang lebar dan terulur hingga ke bawah. Namun jika jaketnya sampai setengah badan, pastikan bagian bawah kamu mengenakan celana panjang atau rok dalaman yang tebal dan longgar. 

Dear Muslimah, namun ingat ya, tips ini hanya dilakukan dalam kondisi tertentu, darurat karena misal sama sekali tak ada gamis yang tebal dan ideal. Sebaiknya tidak dilakukan secara rutin dalam aktivitas harian. 

Pada kondisi ideal, tetaplah kamu  mengupayakan gamis yang tebal dan longgar, pokoknya sudah ideal dan memenuhi standar syar’i. Boleh jadi hal tersebut memakan waktu dan biaya, namun semua itu tak berarti karena upaya kamu untuk menyempurnakan menutup aurat sudah pasti dicatat Allah sebagai ketaatan. Dan pahala pasti sudah menantimu.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart