Aneka Jenis Kerudung Syar’i

Aneka Jenis Kerudung Syar’i

Dear Muslimah, di luaran sana ada banyak sekali model kerudung. Dari sekian banyak jenis dan model itu, ada yang sudah syar’i dan ada pula yang belum memenuhi standar syar’i.

Nah kali ini, RieNan bakal mengulas beberapa jenis kerudung yang sudah syar’i. Beberapa jenis kerudung tersebut RieNan olah dari owsaprint.com. Yuk simak ya!

1.Kerudung Segi Empat

Kerudung jenis ini paling lama dikenal oleh kaum muslimah dan akan tetap hits sepanjang zaman. Kenapa? karena cocok dikenakan muslimah semua kalangan, baik di acara formal maupun santai. Ukuran standar 110×110 cm, sedangkan untuk yang jumbo 150×150 cm.   

2. Kerudung Instan

Disebut kerudung instan karena nggak pake ribet saat mengenakannya, tidak perlu jarum pentul atau peniti. Bisa menghemat waktu, apalagi kalau diburu-buru oleh waktu. Pastikan saat kamu mengenakan kerudung ini bagian dada dan belakangnya tertutupi. Intinya tetap syar’i. Pilih kerudung yang ukurannya tidak terlalu kecil.

3. Kerudung Pashmina

Menggunakan kerudung jenis ini tidak semudah kerudung instan. Pashmina bentuknya persegi panjang. Mungkin perlu waktu banyak untuk mengenakannya. Namun jangan kuatir ternyata sudah ada jenis pashmina instan (pastan). Pastikan saja, saat mengenakannya sudah memenuhi standar syar’i ya, tidak sekadar biar terlihat modis. Pilih yang ukurannya lebar ya.  

4. Khimar

Inilah jenis kerudung yang dinilai sudah memenuhi standar syar’i dan ideal.  Di tanah air, khimar mulai melejit sekitar lima tahun lalu. Waktu itu, khimar layer atau tumpuk adalah model yang tengah hits.

Khimar digolongkan sebagai salah satu kerudung syar’i yang ideal untuk para muslimah. Semua kerudung syar’i wajib memiliki panjang melewati batas dada. Itu sebabnya, rata-rata khimar dibuat dalam ukuran jumbo dengan panjang minimal sebatas perut. Bahkan, ada khimar yang panjangnya sampai ke lutut.

Pada awalnya, khimar didesain sangat sederhana. Cenderung polos tanpa aksen apapun. Namun kini, khimar hadir dengan detail beragam. 

5. Kerudung Berlengan

Kerudung berlengan alias kerudung cape mirip model mukena Dubai. Cara mengenakannya mirip dengan baju. Kerudung ini dikategorikan kerudung syar’i  instant karena potongannya longgar serta menutupi seluruh wilayah dada. Namun, di tanah air jenis kerudung tidak terlalu diminati. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart