Kapan Sebaiknya Memperkenalkan Pakaian Muslimah pada Anak?

Kapan Sebaiknya Memperkenalkan Pakaian Muslimah pada Anak?

Dear Muslimah, memang benar muslimah itu wajib menutup aurat setelah dia berusia baligh.

Namun untuk mengedukasinya dan membuatnya memiliki habit positif, ada baiknya mereka dikenalkan sedini mungkin. Tentu ini sangat penting agar menjadi habit yang terbentuk dengan baik hingga mereka berusia dewasa.

Sebagai orang tua. Akan lebih baik jika mengajarkan anak berhijab sejak dini. Para ibu dapat membiasakan anak untuk memakai pakaian muslimah. Tentu hal itu tak mudah dan tidak bisa langsung berjalan secara efektif, orang tua harus bersabar dan bertahap mengajarkan mereka berhijab.

Nah, artikel kali ini, RieNan bakal memberikan tips cara mengedukasi anak perempuan berhijab dengan. Simak 5 tips berikut ini yang RieNan lansir dari PopMama.com

1. Berikan pemahaman yang benar

Berikan pemahaman yang benar pada anak tentang wajibnya menutup aurat sebagai perempuan salehah secara perlahan. Anda bisa menceritakan berbagai kisah motivasi Islami dalam keutamaan berhijab. Tentu ini butuh kesabaran karena bisa jadi mereka tidak akan langsung paham sekali atau dua kali.

2. Kenalkan pakaian muslimah

Kenalkan kepada mereka pakaian muslimah syar’i yaitu jilbab (gamis), kerudung (khimar), dan kaus kaki. Untuk menarik perhatian mereka pilihlah hijab anak yang model maupun warnanya yang dia sukai. Pilih juga bahan yang adem dan dingin agar dia merasa nyaman saat mengenakannya.

3. Berikan contoh

Ini jelas sangat penting. Bagaimana anak mau menurut disuruh mengenakan hijab kalau bundanya saja belum berhijab alias tidak memberikan contoh. Berikanlah contoh secara konsisten.

4. Tempatkan di lingkungan yang baik

Para ibu harus memilihkan anak lingkungan yang baik, misalnya sekolah, tempat bermain, dan lain-lain. Lingkungan yang baik akan memotivasi mereka tetap berhijab.

5. Berikan motivasi dan pujian

Tetaplah para ibu bersemangat memotivasi putrinya untuk berhijab. Dan jangan lupa jika mereka melakukannya apresiasi mereka dengan pujian agar dia makin semangat. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart