Tips Mencuci Gamis Baru

Tips Mencuci Gamis Baru

Dear Muslimah, tentu kamu akan sangat senang ya jika punya gamis baru. Lebih senang lagi kalau gamisnya bisa kamu pakai lebih lama. Nah, kali ini RieNan punya tips untuk bagaimana mencuci gamis baru.

Ini tips mencuci gamis baru yang kami oleh dari Wolipop. Secara umum tipsnya kurang lebih hampir sama dengan cara mencuci pada umumnya. Jika kamu penasaran, yuk segera simak!

1. Selalu Mengikuti Instruksi

Label atau tag yang menempel pada gamis bukan sekadar pemanis atau hanya pajangan semata. Di label itu terdapat instruksi pencucian. Alangkah baiknya jika kamu mengikuti instruksi cara mencuci yang benar sesuai bahan gamis. Dengan begitu, warnanya tidak cepat pudar. 

2. Cucilah dengan Air normal

Mencuci dengan air dingin atau suhu ruangan bakal membantu warna gamis baru lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Sebaliknya, mencuci menggunakan air hangat, atau bahkan air panas bakal merusak serat kain sehingga warna gamismu jadi pudar lebih dini. Tentu jika ini terjadi, kamu akan jadi terkesan memakai gamis sudah belel alias usang.

3. Pisahkan Cucian

Kelompokkanlah gamis dan pakaianmu yang lainnya sebelum dicuci berdasarkan warna. Sebaiknya cucilah pakaian berwarna gelap dengan yang gelap juga. Cucilah pakaian warna terang dengan terang juga. Di samping dapat mencegah baju berwarna gelap dan solid melunturi atau menodai pakaian warna terang, dapat dipastikan cara mencuci seperti ini membuat warna baju jadi tetap tahan lama.

4. Perhatikan Kecepatan Putaran Mesin Cuci

Jika gamismu tidak terlalu kotor dan tidak terkena najis, maka cara mencuci yang benar adalah jangan menggunakan kecepatan putaran maksimal di mesin cuci. Terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal akan membuat bahan baju cepat rusak dan warnanya jadi lebih cepat pudar.

5. Balik Gamis Barumu Saat Dicuci dan Dijemur

Membalikkan gamis sehingga bagian dalamnya jadi di luar adalah langkah yang tepat guna mencegah warnanya pudar. Bagian permukaan kain yang sering berada di luar saat dicuci, biasanya akan lebih cepat memudar. Maka dari itu jika hanya bagian dalam yang pudar tidak akan terlihat ketika dipakai. Pastikan tetap di balik sampai proses menjemurnya juga ya.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart