Jika Gamis Polos Terkena Noda

Jika Gamis Polos Terkena Noda

Dear Muslimah, tentu kamu akan sedih sekali kalau sampai kejadian gamismu terkena noda, apalagi jika yang terkena noda itu kain gamis polos. Nah, tetap tenang ya, kamu bisa mengatasinya dengan tips berikut ini:

  1. Noda tinta

Jika gamis polos terkena tinta, bersihkanlah dengan cara merendamnya dengan air susu. Seperti dikutip dari Tempo, co, ada dua cara.

Pertama, dengan susu dingin. Tumpahkan air pada noda tetapi jangan disikat. Menyikatnya justru malah akan membuat tinta makin menyebar di permukaan kain. Selanjutnya siapkan kapas atau busa, kemudian diberi  susu putih cair. Pantul-pantulkan kapas atau busa pada noda di gamis polos yang terkena noda hingga nodanya hilang. Berikutnya cuci gamis polos seperti biasa.

Kedua, susu hangat. Siapkan segelas susu hangat. Kemudian tuangkanlah ke dalam wadah seperti mangkuk lalu celupkan pakaian yang terkena noda tinta ke dalam wadah berisi susu hangat hingga noda hilang.

Selain dengan susu, noda tinta juga bisa dihilangkan dengan hairspray. Letakkan tisu di atas noda tinta lalu semprotkan hairspray pada noda tinta hingga noda tinta pindah ke tisu. Ulangi hingga noda hilang lalu bilas dengan air.

  1. Noda soda atau sirup

Noda berupa soda atau sirup dapat dibersihkan dengan cara direndam menggunakan air garam. Caranya taburkan garam pada bagian gamis polos yang terkena soda atau sirup. Garam yang akan bekerja menyerap warna sirup secara maksimal selama beberapa menit. Selanjutnya singkirkan butiran garam. Bilaslah gamis polos yang terkena noda itu Anda dengan air dingin. Barulah setelah itu cuci seperti biasa.

  1. Bintik hitam berjamur

Noda atau bintik-bintik hitam karena akibat jamur dapat dihilangkan menggunakan sitrun. Caranya sediakan air panas di sebuah wadah. Tuangkan bubuk masukan bubuk sitrun ke dalam ember berisi air panas dan aduk agar sitrun larut bersama air. Kemudian rendam gamis polos bernoda selama kurang lebih 10 menit. Setelah air berubah menjadi hangat, kuceklah  gamis polos itu hingga bersih.

  1. Noda kunyit

Warna kuning dari kunyit bisa dibersihkan dengan beberapa tetes cuka. Caranya rendam gamis polos bernoda dengan deterjen cair yang dicampur dengan kurang lebih 1 sendok cuka. Kemudian gosoklah noda kunyit hingga bersih.

Demikianlah 4 tips menghilangkan noda pada gamis polos. Semoga tipsnya bermanfaat sehingga kamu punya koleksi gamis polos dan banyak pilihan saat membutuhkannya.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart