Ciri-Ciri Kerudung yang Nyaman Dikenakan

Ciri-Ciri Kerudung yang Nyaman Dikenakan

Dear Muslimah, ada sebuah kisah tentang seorang muslimah yang mengenakan kerudung namun selama mengenakannya dia kerap kali mengeluh dengan berkata, “Duuuh panas, duuh gerah!”

Ada dua kemungkinan yang melatarbelakangi keluhan soal kegerahan dia saat mengenakan kerudung tersebut. Pertama, mungkin saja dia terpaksa mengenakan kerudung. Hatinya belum rela untuk menutup aurat. Dia mengenakannya karena terpaksa oleh keadaan yang mengharuskannya untuk mengenakan kerudung.

Kedua, boleh jadi, dia gerah dan kepanasan saat berkerudung disebabkan oleh bahan kerudung yang dia kenakan. Dengan kata lain, dia salah pilih bahan.

Perlu diketahui, bahwa selain syar’i, kriteria lain yang penting untuk kerudung yang kamu kenakan adalah nyaman saat dikenakan.

Seperti apakah kerudung yang nyaman dikenakan itu? Inilah ciri-cirinya:

  1. Bahannya adem

Dapat kamu bayangkan, kalau kamu mengenakan kerudung yang bahannya membuat kamu merasa kepanasan dan gerah seharian. Sungguh, betapa tidak nyaman. Karena itu, kerudung yang nyaman dikenakan itu adalah yang bahannya membuat rambut dan kulit kepalamu adem.

Saat ini banyak sekali pilihan bahan yang membuat kepalamu tetap adem. Misalnya kain katun, sutra, jersey, spandek, dan lain-lain. Silakan kamu pilih sendiri kain-kain yang menurutmu nyaman sesuai selera dan budget yang sesuai kondisi dompetmu.

  1. Modelnya simpel

Model yang simpel alias sederhana itu akan membuatmu merasa nyaman, ringan dan tanpa  beban. Sebaliknya model yang rame dan terlalu banyak ‘ini’ dan ‘itu’ pasti selain menyita waktu, kamu juga akan merasa ‘terbebani’.

Jadi, pilihlah model yang simpel-simpel saja. Kalau ada yang lebih simpel kenapa dibuat ribet. Hidup ini sudah demikian berat dengan segala hiruk-pikuknya, jadi ringankanlah beban hidupmu satu per satu, dimulai dari dengan memilih model kerudung. Semoga hidup jadi lebih ringan tanpa beban.

  1. Tetap syar’i

Sebagaimana sudah diuraikan di artikel-artikel sebelumnya, kriteria syar’i itu wajib selalu melekat dalam setiap busana muslimah, termasuk kerudung. Ingatlah pada niat awal, bahwa mengenakan kerudung itu tujuannya adalah dalam rangka taat kepada Allah, melindungi aurat sehingga kelak terhindar dari api neraka. Jadi, dengan tetap berkerudung syari, insya Allah kamu akan akan dan nyaman, baik di dunia maupun di akhirat.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart