Menanggalkan Kerudung Saat Di Halaman Rumah, Bolehkah?

Menanggalkan Kerudung Saat Di Halaman Rumah, Bolehkah?

Dear Muslimah, pernahkah pertanyaan yang menjadi judul artikel ini terbersit di benakmu?

Keperluan muslimah di teras atau halaman rumah misalnya mau menjemur pakaian, mengepel, menyapu lantainya, atau berbagai keperluan lainnya.

Ya, mungkin karena masih dekat dengan rumah, di halaman atau di terasnya seorang muslimah bisa saja terpikirkan boleh-boleh saja hanya mengenakan pakaian biasa (mihnah), tidak mengenakan kerudung, gamis, dan kaus kakinya.

Mungkin juga mereka berpikiran, ah ribet harus mengenakan kerudung, gamis, dan kaus kaki, toh dekat rumah ini. Nah, Apakah hal tersebut diperbolehkan?

Hanya Boleh di Dalam Rumah

Perlu diketahui bahwa Islam sudah jelas mengatur batasannya. Bahwa muslimah boleh memperlihatkan bagian-bagian tubuh tempat melekatnya perhiasan, seperti telinga, leher, pergelangan tangan dan kaki di hadapan suami dan mahramnya.

Artinya kamu diperbolehkan tidak mengenakan hijab (kerudung, gamis, dan kaus kaki), hanya mengenakan pakaian mihnah di hadapan mereka. Namun itu hanya berlaku di tempat khusus, yaitu rumah. 

Hal itu juga berlaku selama di rumah jika tidak ada lelaki asing.Nah, jika ada lelaki lain selain suami dan mahram, di rumah pun muslimah harus mengenakan kerudung, gamis (jilbab), dan kaus kaki.

Sementara di tempat umum, sekalipun di depan suami dan mahram, muslim tetap wajib mengenakan kerudung, gamis, dan kaus kaki.

Apakah Teras atau Halaman Rumah Itu Termasuk Tempat Khusus?

Tempat khusus seperti rumah, batasannya hanya sampai pintu masuk rumah. Di luar itu, halaman atau teras rumah sudah termasuk tempat umum lantaran orang lain bisa melihatnya.

Terlebih jika teras atau halaman rumah itu tidak berpagar atau pagarnya tidak tinggi. Patokannya selama teras atau halaman rumah itu terbuka, berarti termasuk tempat umum.

Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat dan semoga kamu selalu berada dalam ketaatan di manapun dan kapan pun. Dengan begitu, Allah pun rida dan selalu memberikan keberkahan kepadamu. Amin.

Wallahu ‘alam.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart