Muslimah Memakai Wewangian, Bolehkah?

Muslimah Memakai Wewangian, Bolehkah?

Dear Muslimah, apakah kamu boleh menggunakan parfum atau wewangian lainnya? Syariat Islam mengatur hal itu demi menjaga kedudukan agar tetap mulia di hadapan manusia maupun Allah Taala.

Jika kamu keluar rumah, kemudian menyemprotkan parfum yang wanginya sangat menyengat dan dapat menggoda kaum laki-laki, maka hal itu tidak diperbolehkan.

Ingatlah sabda Rasulullah saw. berikut ini:

“Wanita yang memakai wewangian, lalu melewati kaum laki-laki agar mereka mencium wangi yang dia pakai, maka wanita itu adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad. Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’, no. 323. Hadits ini shahih).

Maksud hadis ini sudah sangat jelas. Kaum wanita dilarang memakai parfum jika tujuannya ingin menggoda dan membangkitkan naluri kaum lelaki. Tentu saja kamu nggak mau dilabeli dengan predikat wanita pelacur?

Memakai wewangian juga tetap terlarang kalau wanita berada di tengah-tengah kaum pria, tempat terbuka, atau area publik. Tetap terlarang memakai parfum sekalipun tidak bertujuan untuk tujuan menggoda pria jika wanginya memancing hasrat kaum laki-laki.

Nah, apakah memakai wewangian itu sepenuhnya dilarang untuk muslimah? Tidak juga. Muslimah boleh mengenakan wewangian yang baunya soft dan netral guna menghilangkan bau badan.

Apakah hanya boleh mengenakan wewangian yang baunya tidak menyengat? Mengenakan parfum yang wanginya soft boleh dipakai saat keluar. Sebagaimana disabdakan Rasulullah saw.:

“Wewangian laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak wanginya. Sementara wewangian wanita adalah yang warnanya jelas namun wanginya tidak begitu nampak.” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman, no.7564)

Adapun jika kamu menyemprotkan parfum yang menyengat, tapi hanya dilakukan di rumah itu sangat dianjurkan, terlebih lagi jika diniatkan untuk menyenangkan suami, Allah akan mencatatnya sebagai ibadah. Masya Allah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika dipratikkan, insya Allah kamu akan selalu berada dalam ketaatan sepanjang hari dan selamanya. Pahala dan keridaan Allah selalu mengalir untukmu. Selamat mempraktikkan!

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart