5 Tips Cantik & Syar’i Memilih Hijab Buat ke Kondangan

5 Tips Cantik & Syar’i Memilih Hijab Buat ke Kondangan

Dear Muslimah Shalihat, acara, pesta, atau kondangan adalah salah satu momen yang kerap kali berulang. Keluarga, teman, atau tetangga ada yang mengadakan acara resepsi pernikahan, khitanan, tasyakuran, dan berbagai acara lainnya.

Boleh jadi kamu pun bingung tiap kali akan berangkat ke kondangan mau mengenakan busana muslimah macam apa.

Nah, tips berikut ini semoga bisa membantumu agar tak kebingungan lagi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih busana muslimah buat ke kondangan.

1. Keep syar’I & no tabarruj

Ada banyak tips yang beredar di internet, namun tidak sepenuhnya bisa kamu ikuti. Tetaplah perhatikan dan pastikan hijab yang kamu kenakan mengikuti standar syar’i. Jangan sampai ke kondangan bagian-bagian tertentu, misalnya telinga menampakkan kedua antingnya. Hal itu berarti standar mengenakan kerudungnya belum syar’i.  

Kalau ada kejadian muslimah menampakkan perhiasannya di tempat umum, atau di hadapan lelaki non-mahram, maka itu terkategori tabarruj, yakni merias diri secara berlebihan. Kalau pun menggunakan make-up, lakukan secara minimalis dan tidak menor.

2. No ikhtilat

Ikhtilath sama halnya dengan khalwat. Keduanya dilarang. Kalau khalwat itu berdua-duaan dengan lelaki asing. Sedangkan ikhtilat adalah campur baur kaum laki-laki dan wanita. Jika khalwat seringkali menjadi perhatian, namun ikhtilath seringkali luput dari perhatian.

Idealnya acara semacam resepsi pernikahan itu dipisah antara tamu laki-laki dan perempuan sesuai ketentuan syariah. Namun jika kamu terpaksa harus menghadiri undangan yang acaranya masih ada ikhtilat, campur baur antara laki-laki dan perempuan, maka sebaiknya kamu tidak berlama-lama di acara itu, cukup seperlunya memberikan doa keberkahan dan ucapan selamat, setelah itu segera meninggalkan lokasi. 

3. Pilih bahan yang nyaman dan elegan

Acara kondangan termasuk kategori formal atau bisa pula semi formal. Jadi pastikan bahan yang dipilih selain nyaman juga terkesan elegan saat dikenakan. Sutra dan satin bisa menjadi pilihan. Dengan mengenakan bahan ini, tentu kamu yang menggunakannya akan tampak elegan dan mewah.

4. Pakai kerudung segiempat

Untuk menyempurnakan penampilanmu yang elegan dan mewah, kenakan kerudung segiempat. Soal pilih apakah kerudungnya bermotif atau polos, padu padan menyesuaikan dengan jenis dan model gamis yang kamu kenakan.

5. Tak terlalu ramai dengan aksesoris

Ada kalanya karena ingin penampilan berkesan, muslimah menggunakan banyak aksesoris. Sehingga jadi terkesan lebay bin alay. Jadi gunakanlah aksesoris seperlunya dan sesuai fungsinya. Jika memang kerudungnya perlu menggunakan bros, pakailah sesuai kebutuhan. Lagi-lagi kalau kamu terlalu lebay dalam menggunakan aksesoris, dikhawatirkan kamu melakukan tabarruj.

Demikianlah 5 tips yang disarankan sebelum kamu berangkat ke kondangan. Semoga bermanfaat. Keep syar’I everyday and everywhere. Insya Allah dalam setiap ketaatan akan selalu ada keberkahan.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart