Pakai Kerudung Model Punuk Unta, No way?!

Pakai Kerudung Model Punuk Unta, No way?!

Dear Muslimah Shalihat, banyak sekali model kerudung yang bisa dipilih saat dikenakan. Salah satunya model kerudung dikenal dengan istilah kerudung punuk unta. Model mengenakan kerudung seperti ini disebut-sebut katanya bisa membuat kelihatan kamu jadi lebih tinggi.

Pasalnya, kerudung model ini menyembul di bagian atas kepala, jadi tampak ada gelungan rambut yang menonjol.

Nah, sobat Muslimah yang shalihat, apakah boleh mengenakan kerudung model begini. Yuk kita simak hadis berikut.

Rasulullah saw bersabda:

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا-رواه مسلم

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum (pernah) aku melihat keduanya , yaitu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (penguasa yang zalim), dan para wanit yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium wanginya. Padahal wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jaraknya jauh sekali),” (HR. Muslim dan yang lain).

Jadi berdasarkan hadis tersebut, mengenakan model kerudung punuk unta itu tidak boleh. Model tersebut termasuk model yang tidak syar’i alias termasuk kerudung jahiliyah. Kalau kamu mengenakannya, siap-siap saja tidak bisa mencium wangi surga.

Lha mencium wanginya saja tidak bisa, apa lagi masuk ke dalamnya. Naudzubillah, tentu hal itu sangat tidak kita inginkan bukan?

Selain itu, mengenakan kerudung punuk unta itu kan tampak ketat, nah ternyata dari sisi kesehatan itu itu tidak baik. Sebagaimana dikutip dari muslimah.co.id, menggunakan model hijab yang terlalu ketat bakal mengakibatkan otot menjadi lebih tegang, terlebih pada bagian kepala.

Efeknya bagi yang mengenakannya akan mengalami sakit kepala yang ringan pada tahap awal. Tetapi jika dipakai secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama maka akan menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi.

Dear Muslimah, semoga menjadi renungan. Tetap istikamah dalam ketaatan dan tetap tampil syar’i ya.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart