Batasan Aurat Wanita

Batasan Aurat Wanita

Dear Muslimah, secara umum sudah mafhum bahwa aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Dan yang dimaksud telapak tangan itu, menurut Asy Syarbini termasuk bagian belakangnya alias punggugnya mulai dari ujung jari hingga pergelangan tangan. 

Di tempat terbuka atau dalam kehidupan umum, seorang muslimah wajib menutup auratnya secara sempurna dengan menggunakan gamis, kerudung, kaus kaki, dan manset—jika diperlukan. 

Lalu bagaimanakah jika muslimah berada di dalam rumah? 

Gamis dan kerudung adalah pakaian luar. Nah, di balik pakaian luar itu ada pakaian dalam juga yang disebut dengan mihnah. Mihnah ini adalah pakaian biasa pada umumnya baik berupa baju, celana, daster, atau pun yang lain.

Saat mengenakan mihnah dan tanpa mengenakan kerudung, maka akan terlihat bagian-bagian tubuh tempat melekatnya perhiasan, seperti leher, telinga, pergelangan tangan dan kaki.

Mari simak ayat berikut ini:

… dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau sesama wanita (muslimah), atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. (QS. An-Nuur: 31)

Berdasarkan ayat tersebut, dalam kehidupan khusus atau saat berada di dalam rumah muslimah boleh hanya mengenakan mihnah dan menampakkan bagian-bagian tubuh tempat melekatnya perhiasan kepada mahram, sesama muslimah, dan orang-orang yang disebutkan dalam ayat tersebut. 

Namun perlu diperhatikan, sekalipun di rumah boleh menanggalkan gamis dan kerudung, muslimah tetap harus tetap mengenakan gamis atau kerudung lagi jika dalam suatu kesempatan ada lelaki asing atau non-mahram yang bertamu. Misalnya ada teman atau kolega suami yang berkunjung, maka muslimah harus menutup auratnya secara sempurna.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart