Ciri-ciri Gamis yang Nyaman Dikenakan

Ciri-ciri Gamis yang Nyaman Dikenakan

Belakangan ini, baju gamis menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan model baju gamis sekarang lebih bervariasi dan memilki corak-corak yang menarik. Gamis tidak hanya digunakan untuk menghadiri suatu acara saja, namun gamis juga cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Tak sedikit perempuan yang tergiur dengan gamis karena corak dan modelnya yang menarik saja. Namun, mereka lupa jika gamis yang akan gunakan harus memberikan kenyamanan ketika memakainya. Karena kenyamanan itu adalah salah satu faktor utama untuk memilih baju gamis. Berikuti ini beberapa ciri-ciri gamis yang nyaman ketika dikenakan.

Pilih Kain dengan Kualitas yang Baik

Memilih jenis kain gamis yang akan kita kenakan sangat penting. Karena salah satu faktor kenyamanan  gamis yang kita kenakan terletak pada kainnya. Ada kain yang memang kurang nyaman untuk digunakan sehari-hari atau bahkan kurang sesuai dengan syariat. Salah satu kain yang sebaiknya dihindari apalagi digunakan untuk bepergian atau digunakan di luar rumah adalah jenis kain jersey dan kain yang tipis menerawang. Jenis kain jersey cenderung mudah melar saat digunakan. Jika ukuran yang digunakan terlalu kecil, gamis berbahan jersey ini akan memperlihatkan lekuk tubuh.

Beberapa kain yang sering dijadikan bahan pembuatan gamis di antaranya ada kain linen, wolfis maxmara, wolly crepe dan balotelli. Kain-kain ini dipilih karena bahannya yang cenderung ringan dan jatuh namun tidak terlalu tipis sehingga cocok untuk gamis. Pilihlah kain dengan kualitas yang baik. Kain dengan tipe grade a bisa menjadi pilihan kita karena kain grad ini merupakan kain dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan grade-grade di bawahnya. Dari segi kualitas kain grade ini jarang atau hampir tidak ada cacat pada kainnya, dan dari segi kenyamanan dipakai tentu kain dengan kualitas ini lebih nyaman.

Pilih Kain yang Lembut dan Tidak Kaku

Salah satu tips yang perlu diperhatikan ketika kita akan membeli kain untuk gamis adalah dengan memilih kain yang lembut dan tidak kaku. Kain dengan tekstur lembut akan memberikan efek yang nyaman ketika dipakai dan tidak membuat gatal dan iritasi pada kulit. Sedangkan jenis kain yang kaku akan memberikan efek kurang nyaman ketika dipakai, dan sedikit panas. Pilih gamis berbahan wolfis, wolly crepe, balotelli terutama  yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Warna pada Kain

Warna pada gamis juga dapat mempengaruhi kenyamanan sebuah gamis. Ada warna-warna yang cenderung lebih mudah menyerap sinar matahari sehingga terasa lebih panas ketika dikenakan. Terlebih jika aktivitasmu lebih banyak berada di luar ruangan. Beberapa warna yang mudah menyerap panas adalah hitam serta warna yang cenderung gelap lainnya.

Ada juga warna yang tidak mudah menyerap panas. Pilihlah warna-warna kalem seperti krem atau salem untuk digunakan di luar ruangan. Kalau kamu ingin tetap memilih warna hitam, cobalah untuk memilih gamis dengan kombinasi warna yang agak terang. Jangan lupa memilih bahan yang ringan. Bahan dari wolfis, wolly crepe, balotelli dan linen bisa menjadi pilihan, karena jenis kain tersebut cenderung lebih ringan sehingga akan meredakan rasa gerah.

Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh

Salah satu ketentuan syariat untuk busana muslimah adalah pakaian yang tidak menerawang dan membentuk lekuk tubuh pemakainya. Hindari memakai gamis dengan ukuran yang pas (press body) sehingga memperlihatkan lekukan tubuh. Gamis dengan ukuran pas juga dapat memberikan efek tidak nyaman ketika dipakai. Gunakan gamis yang sesuai dengan ukuran tubuh dan sedikit longgarkan beberapa centimeter dari ukuran tubuh asli kita, supaya tidak membatasi ruang gerak dan memberikan tubuh sehingga dapat bernafas dengan baik.

Berikut beberapa ciri dan referensi ketika kita memilih gamis supaya lebih nyaman ketika dikenakan baik itu untuk bepergian, mengadiri acara atau untuk digunakan aktivitas sehari-hari.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart