Agar Makin Terlihat Cantik dan Tetap Syar’i

Agar Makin Terlihat Cantik dan Tetap Syar’i

Dear Muslimah, apakah yang terpikirkan saat kamu mendengar kata cantik? Cantik itu memang indah dalam pandangan mata manusia. Dan karena cantik itu indah, tentu saja Allah pun menyukai keindahan karena Allah itu Mahaindah.

Namun di era saat ini, di mana kecantikan itu standarnya ditentukan oleh para produsen kosmetik dan berbagai produk kecantikan, sering kita pun digiring untuk menerima bahkan dipaksa untuk menerima kriteria dan standar kecantikan yang mereka tetapkan.

Misalnya kita harus menerima bahwa cantik itu berkulit putih, lalu bagaimanakah jika mereka yang secara lahir berasal dari etnis berkulit coklat?

Oleh karena itu, sebagai muslimah, yuk bebaskan diri dari belenggu standar dan kriteria kecantikan yang tidak fair. Jadikan Islam sebagai standar untuk memosisikan kecantikan wanita agar lebih proporsional.

1.       Kecantikan wanita harus dijaga

Dear shalihah, Islam sangat menghargai kecantikan. Penghargaan Islam atas itu dibuktikan dengan aturan bahwa kecantikan wanita harus dijaga, ditutup dengan hijab sehingga kecantikan tak terumbar dan terobral ke mana-mana. Dengan begitu, kecantikan tersebut hanya bisa dilihat oleh orang yang berhak, yaitu sang suami tercinta.

2.       Makin Cantik dengan ilmu

Pernah dengar orang bilang, “Ihh, cantic-cantik kok oon…” Tentu saja kamu nggak ingin orang menghujatmu begitu bukan. Cantik fisik memang anugerah Allah yang harus selalu kita jaga dengan menutupnya dengan hijab syar’i.

Namun apakah itu sudah cukup? Tentu saja belum, cantik itu harus smart. Dan mau tidak mau agar kita bisa menjadi muslimah yang cerdas adalah dengan selalu menambah ilmu, tsaqafah. Itulah nutrisi akal yang akan menjadikan muslimah semakin cerdas. Jadi biar bisa secerdas Sayyidah Aisyah, perbanyaklah mendatangi majelis ilmu, rajin mengaji dan banyak baca buku, terutama untuk memperkuat wawasan keislaman kita.

3.       Cantik dari hati

Dear Shalihah, setelah kecantikan fisikmu terlindungi dengan hijab, saatnya aura cantikmu terpancar dari dalam, yakni dari hati. Inner beauty hanya akan bersinar jika kamu menghiasi diri dengan ketaatan dalam beribadah. Perbanyaklah beribadah, shaum Sunnah, shalat sunnah, tilawah Al-Qur’an dan berbagai macam ketaatan.

Segala ketaatan yang kamu lakukan itu akan membuat hatimu cantik dan lembut, akhlakmu semakin mulia, dan tentu saja derajatmu terangkat menjadi mulia, baik dalam pandangan Allah maupun manusia.

Sebaliknya, kecantikanmu akan memudar tatkala kamu jauh dari ketaatan alias melakukan kemaksiatan. Oleh sebab itu, jauhilah maksiat. Misalnya bergosip, tidak mengindahkan nasihat suami, terjebak gaya hidup sosialita, masih ada rasa iri, dengki, dendam, dan berbagai macam penyakit hati lainnya. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart