Cantik dan Tetap Syar’i Itu Tidak Harus Mahal

Cantik dan Tetap Syar’i Itu Tidak Harus Mahal

Dear Muslimah, pernahkan terlintas dalam pikiranmu bahwa agar bisa tetap terlihat cantik dan syar’i itu mahal? Yang terbayang dalam pikiranmu mungkin cantik itu harus dengan brand kosmetik dan busana muslimah yang serbamahal.

Wah kalau seperti itu, ribet dong ya. Realitasnya tidak semua orang beruntung, kaya dan punya segalanya. Dan jika tuntutan seperti itu harus terpenuhi, kasihan dong orang-orang yang penghasilannya tidak sebesar para pengusaha, seleb, dan orang-orang kaya.

Dan yang paling penting juga, jangan sampai hanya karena tuntutan seperti itu kamu jadi merepotkan anggaranmu itu kepada orang tua—bagi yang belum menikah atau kepada suami—bagi yang sudah menikah.

Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, semua pasti paham bahwa kebutuhan dalam keluarga itu sedemikian banyaknya dan bukan hanya soal ‘kecantikan’ dan penampilan saja yang perlu dipikirkan. Hal yang lainnya yang banyak menyita perhatian, misalnya kebutuhan si kecil, cicilan rumah, kendaraan, dan cicilan-cicilan lainnya.

So, dengan realitas seperti ini, sebaiknya kita berpikir realisitis saja, dan jangan dibuat susah. Kita sepakati bahwa untuk bisa cantik dan tetap syar’i sama sekali tidak mahal.

1.       Cantik dengan Kosmetik atau Air Wudhu?

Sebenarnya Muslimah yang ingin berpenampilan syar’I tak perlu bermodal kosmetik. Toh berdandan pun dalam Islam hanya untuk ditunjukkan kepada sang suami bukan. Jadi kalau mau bepergian, kamu tak perlu berdandan menor. Kosmetikmu jadi lebih awet bukan?

Malah kalau mengenakan kosmetik jadi lebih ribet juga. Bagaimana jadinya saat waktu shalat. Bukankah kita perlu berwudhu. Justru dengan berwudhulah, kecantikan alamimu bakal bersinar. Dengan berwudhu, pesona inner beautymu akan terlihat.

Jadi, mending banyak bersolek atau banyak berwudhu? Jelas pilih yang kedua, karena berwudhu adalah ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah.

Nabi saw. bersabda, “Wudhu atas wudhu lainnya adalah cahaya atas cahaya lainnya.”  (Diriwayatkan oleh imam Razin dalam kitab Musnadnya). Maksud hadis ini adalah anjuran untuk membiasakan dan mendawamkan wudhu. Jika melakukannya, keutamaannya adalah kebaikan di atas kebaikan yang lainnya.

2.       Cantik itu Hanya dengan Khimar dan Gamis Syar’i

Di media sosial atau di banyak artikel dan tulisan, ramai-ramai orang bicara model, padu padan outfit. Namun buat apa jika di dalamnya ternyata masih belum memenuhi kaidah menutup aurat muslimah? Sebenarnya yang dicari itu ridha Allah atau pujian manusia?

Yang pasti ridha Allah. Dan untuk mendapatkan keridhaan-Nya, sangat simple, menutup aurat dengan kerudung dan gamis syar’i. Semoga kita diberikan keistikamahan dalam mengenakannya. 

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart