Wajib Diperhatikan, Begini Adab Berbusana Bagi Muslimah

Wajib Diperhatikan, Begini Adab Berbusana Bagi Muslimah

Muslimah memang istimewa dibanding kaum perempuan lainnya. Jika perempuan pada umumnya mengenakan pakaian agar terlihat cantik dan menarik, tetapi untuk muslimah mengenakan busana adalah untuk meraih pahala dan keridaan Allah Swt.

Oleh sebab itu, dalam mengenakan busana, muslimah wajib memperhatikan beberapa adab berikut ini:

  • Menutup Seluruh Aurat

Pastikan busana yang dikenakan sudah menutup seluruh auratmu, yaitu seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tangan. Dengan beberapa jenis pakaian yang bisa menutup seluruh aurat di antaranya adalah khimar (kerudung), jilbab, kaus kaki, dan manset.

Untuk yang terakhir, manset digunakan bila dirasa jilbab yang dikenakan di bagian lengannya longgar yang mengakibatkan bagian lengan akan tersingkap. Namun jika  bagian lengannya sudah rapat, manset tak harus digunakan.

  • Tidak Menjadikan Pakaian sebagai Perhiasan

Allah Swt. berfirman:

“Janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka.” (QS. An-Nur: 31).

Karena tujuan mengenakan pakaian bagi muslimah adalah untuk menutup aurat sehingga bisa meraih rida Allah, maka jauhkan sedari awal niat berpakaian untuk gaya-gayaan sehingga bisa menarik perhatian orang.  

  • Gunakan Kain Berbahan Tebal, Tidak Transparan, Lebar dan Longgar

Busana muslimah berfungsi sebagai penutup aurat, bukan pembungkus tubuh. Jadi Gunakan kain yang tidak tipis, tidak transparan, dan tidak menampilkan lekuk tubuh. Artinya, hindari mengenakan pakaian yang masih ketat sehingga lekuk tubuh masih terlihat.

  • Tidak mengenakan parfum

Penggunan parfum, terlebih lagi yang wanginya sangat kuat dikhawatirkan akan memancing perhatian lawan jenis yang bukan mahram. Lain cerita jika parfum digunakan di dalam rumah dan dipersembahkan untuk pasangan yang halal. 

Selamat mempraktikkan ya, sahabat Muslimah. Semoga dengan busana muslimah rida Allah dan surge menanti. Jangan lupa sebelum mengenakan busana, baca dulu doanya.

Doa Memakai Pakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Allaahumma innii as-aluka min khairihi wa khairi maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

“Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart