Tips Memilih Busana Muslimah yang Aman dan Nyaman

Tips Memilih Busana Muslimah yang Aman dan Nyaman

Bagi perempuan pada umumnya, saat mengenakan busana tentunya dia akan memilih yang nyaman.

Namun khusus bagi muslimah, nyaman saja belum cukup. Kriteria lainnya adalah busana itu harus aman. Artinya aman untuk dirinya, sehingga tubuhnya benar-benar terlindung dan auratnya benar-benar tertutupi.

Nah, berikut ini tips yang bisa Muslimah praktikkan dalam mengenakan busana muslimah.  

1. Pilih yang Tidak Ketat

Kriteria busana muslimah yang menutupi aurat adalah longgar alias tidak ketat. Jika pakaian muslimah yang dikenakan masih menampakkan lekuk tubuh perempuan, maka muslimah yang mengenakannya belum mengguggurkan kewajibannya dalam menutup aurat. Kewajibannya akan gugur bila dia mengenakan pakaian yang longgar.

2. Pilih yang Tidak Tembus Pandang

Bahan yang cenderung menerawang misalnya adalah kain sifon. Jika bahan yang digunakan untuk pakaian muslimah berbahan sifon, maka sebaiknya dilapisi lagi dengan kain lain yang lebih tebal sehingga busana yang dikenakan tidak lagi menerawang.

Tetapi memang tidak simpel dan praktis bukan? Dari sisi biaya pun boleh jadi akan menjadi  dua kali lipat. Jadi agar lebih simpel, ekonomis dan praktis, alangkah baiknya memilih bahan lain yang dari awal sudah tebal dan tidak transparan.

3. Pilih Motif yang Simpel

Soal motif, busana muslimah sebaiknya tidak dibuat rumit dan tidak terlalu ramai. Gunakanlah motif yang sederhana. Ada banyak pilihan misalnya, bermotif batik, polkadot, floral, atau motif lainnya. Motif apa pun itu, pastikan tetap terlihat simpel. Pilihlah motif yang terlihat kecil-kecil. Hindari motif yang besar-besar karena akan terkesan membuat tubuh jadi terlihat kecil. 

4. Pilih Warna yang Tidak Mencolok

Supaya busana muslimah yang dikenakan tidak tampak mencolok, sebaiknya pilihlah warna-warna yang gelap atau warna-warna pastel yang cerah, tetapi tetap terlihat adem, lembut dan tidak mencolok mata orang yang melihatnya, terutama kaum laki-laki yang bukan mahram.

5. Pilih Bahan yang Nyaman

Ada banyak jenis pilihan bahan yang beredar di pasaran. Namun tentunya tidak semua cocok dan memenuhi kriteria busana muslimah yang syar’i. Jenis kain yang direkomendasikan untuk busana muslimah antara kain jersey, wolfis, katun, linen, satin atau sutra cina. Katun pun ada banyak macamnya, mulai dari katun jepang, katun madinah, katun supernova, katun ima, dan sebagainya.

Demikianlah 5 tips memilih busana muslimah yang aman sekaligus nyaman. Semoga hari-harimu menyenangkan dan selalu dihiasi ketaatan. Tetaplah istikamah menutup aurat dan mendapatkan pahala yang berlimpah atas ikhitiar kita dalam melaksanakan ketaatan dengan menutup aurat secara sempurna. Aamiin.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart